Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Berbicara Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Di Kelas IV SDN 022 Tanjung Selor | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Berbicara Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Di Kelas IV SDN 022 Tanjung Selor

Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Berbicara Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Di Kelas IV SDN 022 Tanjung Selor

Pengarang : Ramsida - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia pada materi berbicara dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe role playing di kelas IV SDN 022 Tanjung Selor. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Rata-rata hasil belajar pada aspek psikomotorik untuk semua aspek yang diperoleh siswa pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 20,00. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif meningkat dari siklus I ke siklus II. Maka, presentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 66,67% meningkat menjadi 86,67% pada siklus II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe role playing di kelas IV SDN 022 Tanjung Selor dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing

Classroom Action Research (CAR) aims to increase the result of study in Bahasa Indonesia on Material of Speaking by using Cooperative Learning Type of Role Playing in class IV of SDN 022 Tanjung Selor. This Classroom Action Research (CAR) by using 2 cycles, each cycle consists of 4 stages they are planning, implementing, observing, and reflecting. Technique of collecting that used consist of 3 stages they are preparing, implementing, and reporting. Instrument of collecting data that used is the test result, assessment sheet for the students’ psychometric, observation sheet for students’ activities, and observation sheet for the teachers in learning management. The average of study result for psychometric aspect to all aspect in students’ result of the first cycle to the second cycle reached 12,91. Then the average of study result for cognitive was also increased from first cycle to the second cycle. So, the percentage of learning achievement classically in first cycle reached 45,46% increased to 81,81% in second cycle. The conclusion of this Classroom Action Research (CAR) is applied Cooperative Learning Type of Role Playing with Bahasa Indonesia on material of speaking in class IV SDN 022 Tanjung Selor could improve result of study of students. Keywords: Result of Study, Bahasa Indonesia, Cooperative Learning Model of Role-Playing Type

Detail Informasi