Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di SDN 028 Tanjung Selor Kabupaten Bulungan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di SDN 028 Tanjung Selor Kabupaten Bulungan

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di SDN 028 Tanjung Selor Kabupaten Bulungan

Pengarang : Puji Winarsih - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar Matematika pada materi Mengenal Bilangan Asli 1- 5dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas I SDN 028 Tanjung Selor.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas I SDN 028 Tanjung Selor dengan jumlah siswa 18 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, dengan bentuk soal isian, lembar pengamatan aktifitas guru dan lembar pengamatan sikap siswa dalam proses pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus. Sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 56,25% dari KKM 65, dan rata-rata nilai sikap mencapai 69,02. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I ketuntasan klasikal belajar mencapai 66,7% dan rata-rata nilai sikap 73,9. Pada siklus II ketuntasan klasikal mencapai 77,8% dan rata-rata nilai sikap 75,7.
Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa, penggunaaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas I SDN 028 Tanjung Selor subtema Tubuhku pada materi Mengeanal Bilangan Asli 1-5.

The research is aimed to improving the result of mathematic learning of the first students with material of SDN 028 Tanjung Selor subtheme on material “Mengenal Bilangan Asli 1 sampai 5” by using the model of problem-based learning. The type of the research is classroom action research in two cycles, and each cycle compose at planning, executing, observing and reflection. The subject of research is ten students of the first-grade students of SDN 028 Tanjung Selor. Data collection used test of the result of mathematic learning in essay and choosing the suitable answers, using observation paper of teacher's activities and students' activities in learning process. In analyzing technique, there is improvement in result of student’s learning. The improvement can be seen in the result of cycles. Before using learning model, only 56,25% students passed from KKM 65, and the average of attitude value got 69,02. After using learning model at the first cycle the classical’s completing got 66,7% and attitude value got 73,9. And the second cycle the classical’s completing got 77,8% and attitude value got 75,7. We can conclude that using the model of problem-based learning can improving mathematic learning in first students of SDN 028 Tanjung Selor Subtheme on material ”Mengenal Bilangan Asli 1 sampai 5”.

Detail Informasi