Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Sub Tema Macam–Macam Sumber Energi Dengan Menggunakan Scientific Approach Siswa Kelas IV SDN 002 Malinau Barat | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Sub Tema Macam–Macam Sumber Energi Dengan Menggunakan Scientific Approach Siswa Kelas IV SDN 002 Malinau Barat

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Sub Tema Macam–Macam Sumber Energi Dengan Menggunakan Scientific Approach Siswa Kelas IV SDN 002 Malinau Barat

Pengarang : Prence - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkakan hasil belajar IPApada sub temamacam – macam sumber energi dengan menggunakan Scientific Approach di kelas IV SDN 002 Malinau Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 Siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 002 Malinau Barat yang berjumlah 30 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aspek afektif dan psikomotor dalam bentuk rubrik, tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 47% dari kriteria ketuntasan minimum (66). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 67% sampai 90% masing-masing siklus. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Scientific Approach dapat meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 002 Malinau Barat.

Kata Kunci: Scientific Approach, Hasil Belajar IPA

The objective of this research was to improve the Sains learning achivement on topic of Kinds of Energy Source Using Scientific Approach at Class IV of SDN 002 Malinau Barat. This is classroom action research which was conducted within two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection stages. The subjects of this research were 30 grade 4 learners of SDN 002 Malinau Barat.Data of affective and psychomotor aspects were collected using observation sheets in the form of rubric. and achievement test in a form of multiple choice. Data on learning management were collected using observation sheets of teacher’s activities and students’ activities. The result of the research showed that there was an improvement on students’ learning achievement. This could be seen from the results of each cycle. The prior learning mastery classically reached only47% from the minimum passing grade (66), but after implementing the action of cycle I and II the learning achievement gradually improved from 67% to 90%. It is concluded that the use scientific approach can increase the learners’ achievement of learning the science topic at SDN 002 Malinau Barat. Keywords: Scientific Approach, Learning Achievement

Detail Informasi