
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Gaya Menggunakan Pendekatan Scientifik Di Kelas V SDN 005 Peso Hilir
Pengarang : Pilatus Ing - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Gaya Menggunakan Pendekatan Scientific di Kelas V SDN 005 Peso Hilir.
Pengumpulan data diambil dari hasil observasi, angket dan pos tes pada setiap akhir siklus. Bentuk tes isian dan bersifat individu. Soal dibuat oleh peneliti dan disesuaikan dengan tujuan instuksional khusus yang telah dirumuskan. hasil analisis penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 005 Peso Hilir yang berjumlah 10 siswa.
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Gaya Menggunakan Pendekatan Scientific di Kelas V SDN 005 Peso Hilir. Hal ini dapat dilihat dari nilai yang dicapai siswa yaitu 50,0 dan 80,6.
Dengan demikian salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menigkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA adalah menggunakan Pendekatan Scientific.
The data collection obtained from result of observation, equate and posttest at the end of each cycle. The form of posttest is essay test and student does the test individually. The test items are made by the researcher and suitable with specific instructional objectifies (TIK) have been formulated. With such fault one efforts nominalizing particle can at did for increase yield study student learning IPA That is utilize Approach Scientific.