Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga Mistar Bilangan Dalam Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Di Kelas IV SD Negeri 009 Peso | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga Mistar Bilangan Dalam Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Di Kelas IV SD Negeri 009 Peso

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga Mistar Bilangan Dalam Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Di Kelas IV SD Negeri 009 Peso

Pengarang : Nurwati Irang - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana penggunaan alat peraga mistar bilangan pada siswa kelas IV SDN 009 Peso untuk meningkatkan hasil belajar dalam memahami konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Penelitian ini dilaksanakan selama 17 hari, mulai tanggal 21 April sampai dengan 7 Mei 2014. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 009 Peso dengan jumlah siswa sebanyak 16 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan.
Alat peraga berfungsi sebagai sarana bantu untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang efektif, siswa lebih mudah dan cepat menangkap materi pembelajaran, meningkatkan proses pembelajaran meletakkan dasar-dasar yang konkret untuk berpikir sehingga mengurangi terjadinya verbalisme.
Hasil belajar aspek kognitif yang diperoleh siswa pada siklus I mencapai ketuntasan yaitu sebesar 50% dari 16 siswa. Sedangkan siklus II meningkat menjadi 81,25% dari 16 siswa. Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan alat peraga mistar bilangan pada materi operasi bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 009 Peso.

The purpose of this study to determine the extent to which the use of props bar numbers in the fourth grade students of SDN 009 pesos to improve learning outcomes in understanding the concept of addition and subtraction of integers. Type of research is Classroom Action Research (CAR). This study was conducted over 17 days, starting from 21 April to 7 May 2014 Subjects were 009 fourth grade students of SDN Peso with the number of students by 16 students consisting of 8 boys and 8 girls. Props function as aids to achieve effective learning situation, students are more easily and quickly capture learning materials, improving the learning process laid the foundations for the concrete, thereby reducing the occurrence of verbal thinking. Cognitive aspects of learning results obtained in the first cycle students achieve mastery that is equal to 50% of the 16 students. While the second cycle increased to 81.25% from 16 students. Conclusion Classroom Action Research (CAR) is the use of props bar numbers on materials integer operations can improve learning outcomes math fourth grade students of SDN 009 Peso.

Detail Informasi