
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Mengenal Bentuk Energi Dan Manfaatnya Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas I SDN 002 Sekatak Bulungan
Pengarang : Nurhayu - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Dalam upaya meningkatkan hasil belajar, sebagai cara telah dilakukan, diantaranya menggunakan media ajar dalam menyampaikan pelajaran. Namun kadang penyampaian materi yang disampaikan masih belum mampu untuk mencapai tujuan pembelajaran. Persoalan ini disebabkan oleh kurangnya hasil belajar siswa dalam tiap mata pelajaran. Persoalan ini disebabkan oleh kurangnya hasil belajar siswa dalam tiap mata pelajaran. Untuk mengatasi hal itu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas khususnya mata pelajaran ilmu pengetahuan alam guna meningkatkan hasil belajar siswa tentang mengenal bentuk energy dan manfaatnya dalam menggunakan pendekatan scientific di Kelas I SDN 002 Sekatak Bulungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan pendekatan scientific dalam memudahkan dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam Pelajaran IPA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 002 Sekatak bulungan tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 15 orang. Sedangkan objeknya adalah penggunaan pendekatan scientific dan hasil belajar siswa. Data yang dikumpulkan berupa lembar observasi aktivitas siswa dan guru yang diisi oleh observasi serta nilai tes rata-rata hasil belajar siswa setiap siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar dalam pelajar IPA pada materi energy dan manfaatnya.
Kata Kunci: Meningkatkan Hasil Belajar, Pendekatan Scientific, Materi Energy dan Manfaatnya
In an effort to improve learning outcomes, has done a variety of ways, including using instructional media in delivering the lessons. But sometimes the delivery of the material presented is still not able to achieve the learning objectives. This issue is caused by a lack of student learning outcomes in each subject. This issue is caused by a lack of student learning outcomes in each subject. To overcome this, researchers conducted action research in particular natural science subjects in order to improve student learning outcomes of familiar forms of energy and the benefits of using a scientific approach in class I Sekatak bulungan SDN 002. The purpose of this study was determining the extent to which the effectiveness of the use of scientific approach in facilitating an improving student learning outcomes IPA. Subject of this research is the students of class I Sekatak bulungan SDN 002 2013/2014 study year, amounting to 15 people. While the object is the use of scientific approaches and student learning outcomes. Data were collected in the form of student activity sheets and teacher observations were filled by observation and the average test scores of student learning outcomes of each cycle. The conclusion of this study is to use scientific approach to improve learning outcomes in science lessons on energy and material benefits. Keywords: Improving Learning Results, Scientific Approach, Energy and its Benefit Material