
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Cahaya Dan Sifat-Sifatnya Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas V SDN 006 Tanjung Palas Barat
Pengarang : Nurhana Udau - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada Materi Cahaya dan Sifat-sifatnya di Kelas V SDN 006 Tanjung Palas Barat dengan pendekatan scientific. Penelitian ini dilakukan pada semester genap dengan subyek penelitian adalah siswa Kelas V tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 siwa dan obyek penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan penerapan pendekatan scientific.
Teknik pengumpulan data analisa data dengan menggunakan tes dan observasi. Lembar observasi diberikan kepada observatory untuk mengamati proses pembelajaran yang berlangsung setiap siklus I dan II. Teknik analisis data menggunakan nilai akhir belajar siswa yang meliputi 3 aspek yaitu: kognetif, efektif, dan psikomotor.
Dari hasil analisis data penelitian diperoleh hasil observasi aktifitas guru siklus I kategori “BAIK” dan pada siklus II Kategori “baik”. Pada aktifitas siswa siklus I kategori “kurang” dan pada siklus II kategori “baik”. Sedangkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif siklus I mencapai ketuntasan 25% dengan jumlah 5 siswa yang tuntas dan pada siklus II mencapai ketuntasan 75% dengan jumlah 15% siswa yang tuntas. Pada aspek afektif siklus I mencapai ketuntasan 50% dengan jumlah 10 siswa yang tuntas dan pada siklus II mencapai ketuntrasan 85% dengan jumlah 17 siswa yang tuntas. Pada aspek psikomotor siklus I mencapai ketuntasan 90% dengan jumlah 18 siswa yang tuntas dan pada siklus II mencapai ketuntasan 90% juga. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA khususnya materi Cahaya dan Sifat-sifatnya.
Kata Kunci: Pendekatan Scientific, Hasil Belajar
This study is action research that aims to improve science learning outcomes in the material properties of light and class V Cape Palas SDN 006 west scientific approach. This research was conducted in the second semester of the study subjects were students of class V 2013/2014 school year, amounting to 20 students and the object of this study is the result of student learning with the application of a scientific approach. Data collection and analysis techniques using tests and observation. Observation sheet is given to Observator to observe the learning process that takes place every cycle I and II. Data analysis using the final value of student learning that includes 3 aspects: cognitive, affective, and psychomotor. From the analysis of the research data obtained by the observation of teacher activity cycle I category of “Good” and the second cycle category of “good”. In the first cycle of student activity category “less” and the second cycle category of “good”. While the student learning outcomes in the cognitive aspects of the cycle I achieve mastery 25% the number of students who completed 3 and the second cycle achieve mastery 75% the number of students who completed 15. In the affective aspects of the first cycle reaches 50% completeness with a total of 10 students who completed the second cycle and achieve mastery 85% the number of students who completed 17. In the first cycle psychomotor aspect achieve mastery 90% by number and 18 students who completed the second cycle reaches 90% mastery as well. So, it can be concluded that the application of a scientific approach can improve student learning outcomes in science learning particularly light material and its properties. Keywords: Scientific Approach, Learning Outcomes