
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Pada Tema Kegemaran Berbantuan Alat Peraga Di Kelas III SDN 006 Peso
Pengarang : Noflina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik pada tema kegemaran berbantuan alat peraga di kelas III SDN 006 Peso. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Rata-rata hasil belajar pada aspek psikomotorik untuk semua aspek yang diperoleh siswa pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 13,52. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif meningkat dari siklus I ke siklus II. Maka, presentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 61,54% meningkat menjadi 84,61% pada siklus II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan pembelajaran tematik berbantuan alat peraga pada tema kegemaran di kelas III SDN 006 Peso dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Tematik, Alat Peraga
This research was to improve the student's achievement on Thematic subject in hobbies by using teaching media at third grade of SDN 006 Peso. The research design of this research was Class action Research (CAR), it consisted of four steps, the first step was planning, the second is Implementing, the third is observation and the last was reflection. The research instruments of this research were observation sheet dan test. Based on the result of this research, the average of the students' performance on psychomotor can be seen from the first cycle to the second cycle was 13.52% improving. Meanwhile, the students’ cognitive performance can be seen from the first cycle to the second cycle was 84.61% improving. It can be concluded that teaching media can improve the students' performance on thematic subject at third grade of SDN 006 Peso. Keywords: Students Performance, Thematic Subject And Cooperative Learning