Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SDN 007 Tanjung Palas Barat | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SDN 007 Tanjung Palas Barat

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SDN 007 Tanjung Palas Barat

Pengarang : Nickolas Siau - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi Pecahan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SDN 007 Tanjung Palas Barat. Penelitian ini dilakukan pada semester II Tahun Ajaran 2013/2014 pada tanggal 25 Februari –25 Maret 2014.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Objek dari pada Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas IV SDN 007 Tanjung Palas Barat yang terdiri atas 10 orang siswa sementara itu objek pada Penelitian Tindakan Kelas ini mengenai penerapan pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi Pecahan.
Berdasarkan rumusan masalah dari hasil Penelitian serta pembahasannya, maka disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 007 Tanjung Palas Barat. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai siklus I dan II. Berdasarkan analisis data, diperoleh aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD sudah menunjukkan hasil yang baik dengan perolehan persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 50% dan meninggkat menjadi 80% pada siklus II.

Kata Kunci: Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi