
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Masalah Sosial Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Bagi Siswa Kelas IV SDN 008 Kecamatan Peso
Pengarang : Muksin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. yang dijadikan subyek penelitian adalah kelas IV SDN 008 Peso dengan jumlah siswa 14 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa yang bentuk Isian dan pilihan ganda, yang mengunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalamProses pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 85,71% dari kriteria ketuntasan minimum 65. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pembelajaran meningkat dari 71,43% sampai 85,71% masing-masing siklus.
Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 008 Peso.
The objective of this research was to improve the students’ social science learning achievement at class IV of SDN 008 Peso through Talking Stick learning strategy on surrounding social problems. This research employed Classroom Action Research (CAR) which was carried out in 2 (two) cycles in which each cycle consisted of planning, implementing the action, observation, and analysis and reflection. The subject of this research was the students of class IV of SDN 008 Peso which consisted of 14 students. The data were obtained by using the observation sheet for teacher’s activity, the observation sheet for students’ activity, and achievement test in a form of multiple choice. The result of the research showed that there was an improvement on students’ learning achievement. This could be seen from the results of each cycle. The prior learning mastery classically reached only 85,71% from the minimum passing grade (65), but after implementing the action of cycle I and II the learning achievement gradually improved from 71,43% to 85,71%. It could be drawn a conclusion that the use of Talking Stick learning strategy could improve the student's social science learning achievement at class IV SDN 008 Peso.