Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Keseimbangan Ekosistem Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Kelas VI SDN 006 Tanjung Palas Tengah | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Keseimbangan Ekosistem Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Kelas VI SDN 006 Tanjung Palas Tengah

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Keseimbangan Ekosistem Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Kelas VI SDN 006 Tanjung Palas Tengah

Pengarang : Muhammad Ridwan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi keseimbangan ekosistem melalui pendekatan scientific di kelas VI SDN. 006 Tanjung Palas Tengah semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 006 Tanjung Palas Tengah yang berjumlah 18 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh tiap siklusnya. Ketuntasan sikap siswa pada siklus I sebanyak 12 siswa dengan presentase 66,67%, sedangkan ketuntasan sikap siswa pada siklus II sebanyak 17 siswa dengan presentase 94,44%. Peningkatan sikap siswa dari siklus I ke siklus II sebanyak 5 siswa dengan presentase 27,77%. Ketuntasan hasil belajar siswa siklus I yaitu 61,11% dengan jumlah siswa sebanyak 11 siswa yang memenuhi KKM 68. Sedangkan presentase nilai siklus II yaitu 77,78% dengan jumlah siswa sebanyak 14 siswa. Terdapat peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 33,34%. Ketuntasan keterampilan siswa pada siklus I sebanyak 8 siswa dengan presentase 44,44% dan ketuntasan keterampilan siswa pada siklus II sebanyak 18 siswa dengan presentase 100%, Terjadi peningkatan ketuntasan keterampilan siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 55,56%.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan scientific dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi keseimbangan ekosistem di kelas VI SDN 006 Tanjung palas Tengah.

Kata Kunci: Pendekatan Scientific, Keseimbangan Ekosistem, SDN 006 Tanjung Palas Tengah

This study aims to improve student learning outcomes material balance of the ecosystem through a scientific approach in class VI SDN. 006 Tanjung Palas Tengah semester of the school year 2014/2015. This type of research is classroom action research was conducted in two cycles, each cycle consisting of two meetings. Each cycle consists of planning, implementation, observation and reflection. That is the subject of this study is the sixth grade students of SDN 006 Cape Central Palas totaling 18 students. The results showed an improvement in student learning outcomes. It can be seen from the results obtained by each cycle. Completeness student attitudes in the first cycle is 12 students with a percentage of 66.67%, while the completeness of student attitudes on the second cycle as many as 17 students with a percentage of 94.44%. Increasing students' attitudes from the first cycle to the second cycle as much as 5 students with a percentage of 27.77%. Thoroughness of the first cycle of student learning outcomes is 61.11% with the number of students as many as 11 students who meet the KKM 68. While the percentage of the value of the second cycle is 77.78 % with the number of students as many as 14 students. There is a growing mastery learning outcomes of students from the first cycle to cycle II was 33.34%. Completeness skills of students in the first cycle of 8 students with a percentage of 44.44% and mastery skills of students in the second cycle of 18 students with a percentage of 100%, There is increasing student mastery of skills from the first cycle to the second cycle of 55.56%. Based on this study it can be concluded that by using a scientific approach to learning can improve the balance of the ecosystem science learning material in class VI SDN 006 Tanjung Palas Tengah. Keywords: Scientific Approach, the Balance of the Ecosystem, SDN 006 Tanjung Palas Tengah

Detail Informasi