Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Romawi Menggunakan Pendekatan Scientific Bagi Siswa Kelas IV SDN 010 Peso | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Romawi Menggunakan Pendekatan Scientific Bagi Siswa Kelas IV SDN 010 Peso

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Romawi Menggunakan Pendekatan Scientific Bagi Siswa Kelas IV SDN 010 Peso

Pengarang : Merang - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan romawi menggunakan pendekatan scientific pada siswa kelas IV SDN 010 Peso.Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK)ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing empat komponen yaitu Planning (Perencanaan), Action (Tindakan), Observating (Pengamatan), dan Reflecting (Refleksi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar penilaian afektif, dan lembar observasi aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran.Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek psikomotorik siklus I yaitu 0% siswa dinyatakan tuntas sedangkan 100% siswa tidak tuntas. Mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 100% siswa telah dinyatakan tuntas. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek afektif siklus I yaitu 17% siswa telah tuntas sedangkan 83% siswa tidak tuntas mengalami peningkatan pada siklus II pada aspek afektif yaitu 83% siswa telah tuntas sedangkan hanya 17% siswa tidak tuntas. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek kognitif pada siklus I yaitu siswa yang telah tuntas yaitu 33% sedangkan yang tidak tuntas yaitu 67 % mengalami peningkatan pada siklus II yaitu siswa yang tuntas yaitu 83% dan tidak tuntas yaitu 17%.
Berdasarkan hasil peelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan penggunaan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan romawi pada siswa kelasIVSDN 010 Peso.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Scientific, Bilangan Romawi

This study aims to improve student learning outcomes in the material roman numbers using a scientific approach to the fourth grade students of SDN 010 pesos. This type of research is used by researchers is Classroom Action Research (CAR). Classroom Action Research (CAR) is carried out in two cycles, each of the four components of the Planning (Planning), Action (action), Observating (Observation), and Reflecting (Reflection). Data collection techniques used were tests and non-test. The data collection instrument used was a test of learning outcomes, student assessment sheets psychomotor, affective assessment sheets, and observation of student activity sheets in the management of learning. Average completeness results in the classical student learning in the psychomotor aspects of the first cycle is 0% of students otherwise completed while 100% of students do not complete. Has increased in the second cycle of 100% of students had been declared complete. Average completeness results in the classical student learning on the affective aspects of the first cycle that 17% of students have completed while 83% of students did not complete the second cycle increased the affective aspects that the student has completed 83% while only 17% of students do not complete. Average completeness results in the classical student learning in the cognitive aspects of the first cycle that students who have completed the 33% who did not complete while the 67% increase in the second cycle students who completed the 83% and not the 17% complete. Based on the results of this study concluded that by implementing the use of a scientific approach can improve the learning outcomes of mathematics at the material roman numbers on the fourth-grade students of SDN 010 pesos. Keywords: Learning Outcomes, Scientific Approach, Roman Numbers

Detail Informasi