
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan Fisik Terhadap Daratan Melalui Pendekatan Scientific Di Kelas IV SD Negeri 001 Peso Hilir
Pengarang : Mendan Laing - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan Fisik Terhadap Daratan Melalui Pendekatan scientific di Kelas IV SD Negeri 001 Peso Hilir.
Dalam pelaksanaan penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi pada setiap akhir pertemuan dan tes pilihan ganda pada akhir siklus. Bentuk tes pilihan ganda bersifat individu. Soal disesuaikan dengan tujuan instruksional khusus yang telah dirumuskan. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SDN 001 Peso Hilir dengan jumlah siswa 20 orang.Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif (sikap siswa) dan data kuantitatif (nilai hasil belajar siswa).
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA materi Perubahan lingkungan fisik Terhadap Daratan melalui pendekatan scientific. Dengan hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat dari 55% pada akhir siklus I menjadi 75% pada akhir siklus II dari jumlah siswa 20 orang. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa tingkat penguasaan siswa dapat dikategorikan baik. Sedangkan hasil analisis penelitian melalui observasi siswa dan guru menunjukkan peningkatan dari 71% dan 78% dengan kategori baik pada akhir siklus I, meningkat menjadi 79% dan 86% dengan kategori sangat baik pda akhir siklus II.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Scientific
Tidak Tersedia Deskripsi