Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Scentific Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV SD Negeri 011 Sekatak Kabupaten Bulungan Tahun Pelajaran 2013/2014 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Scentific Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV SD Negeri 011 Sekatak Kabupaten Bulungan Tahun Pelajaran 2013/2014

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Scentific Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV SD Negeri 011 Sekatak Kabupaten Bulungan Tahun Pelajaran 2013/2014

Pengarang : Matias Bith - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IV SD Negeri 011 di Sekatak melalui pendekatan Ilmiah.
Jenis desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),desain ini terdiri dari empat langkah prosedur penelitian, yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan instrument penelitian sebagai alat untuk mengumpulkan data penelitian, yaitu lembar observasi guru dan siswa dan lembar kerja siswa atau tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ilmiah dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara siknifikan. Hal ini ditunjukan berdasarkan hasil temuan penelitian bahwa pada siklus pertama dalam penelitian ini adalah 59,5% meningkat menjadi 100% pada siklus kedua.
Berdasarkan hasil temuan diatas hal ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan ilmiah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pendidikan Kewarganegaraan melalui pendekatan ilmiah di Kelas IV SD Negeri 011 Sekatak.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Ilmiah

The research aim Was to Improve students’ achiement on students’achiement on Civic Education through scientific approach at Fourth Grade Student of SD Negeri 011 Sekatak. The research design in this reseach was Class Action Research, it consis ted two sycles. The firt cycle and second cycle had four steps, namely Planning, Implementing, Observing, and Reflecting. This research instruments were test and observation sheet. The research resul showed that student were able to improve their competences for all aspects. The data showed that the first sycle to the second cycle has significant improving. The result for first sycle showed 56,9% increases 100% in the second cycle. Based on the data finding above, it can be concluded that scientific Approach can improve the Students’ achievement on Civic Education at Fourth Grade student of SD Negeri 011 Sekatak. Keywords: Achievement, Civic Education, Scientific Approach

Detail Informasi