Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Diriku Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas 1 SDN 011 Tanjung Palas Timur | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Diriku Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas 1 SDN 011 Tanjung Palas Timur

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Diriku Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas 1 SDN 011 Tanjung Palas Timur

Pengarang : Maryam Yunus - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema diriku melalui pendekatan ilmiah di kelas I SD Negeri 011 Tanjung Palas Timur.
Jenis disain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), disain ini terdiri dari empat langkah prosedur penelitian, yaitu, perencanaa, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan instrument penelitian sebagai alat untuk mengumpulkan data penelitian, yaitu lembar observasi guru dan siswa dan lembar kerja siswa atau tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ilmiah dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil temuan penelitian bahwa pada siklus pertama dalam penelitian ini adalah 42% meningkat menjadi 83% pada siklus kedua.
Berdasarkan hasil temuan di atas hal ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan ilmiah dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Diriku di Kelas I SD Negeri 011 Tanjung Palas Timur.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Ilmiah

The research aim was to improve students’ achievement on theme “Diriku” through scientific approach at first grade students of SDN 011 Tanjung Palas Timur. The research design in this research was Class Action Research, it consisted two cycles. The first cycle and the second cycle had four steps, namely Planning, Implementing, Observing, and Reflecting. This research instruments were test and observation sheet. The research result showed that students were able to improve their competences for all aspects. The data showed that the first cycle to the second cycle has significant improving. The result for first cycle showed 42% increases 83% in the second cycle. Based on the data finding above, it can be concluded that scientific approach can improve students’ achievement on theme “Diriku” through scientific approach at first grade students of SDN 011 Tanjung Palas Timur. Keywords: Achievement, Scientific Approach, Theme “Diriku”

Detail Informasi