Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perbandingan Bilangan Dengan Menggunakan Alat Peraga Gambar Angka Di Kelas IV SD Negeri 003 Sebuku | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perbandingan Bilangan Dengan Menggunakan Alat Peraga Gambar Angka Di Kelas IV SD Negeri 003 Sebuku

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perbandingan Bilangan Dengan Menggunakan Alat Peraga Gambar Angka Di Kelas IV SD Negeri 003 Sebuku

Pengarang : Martinus - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Alat peraga gambar adalah alat/ media yang digunakan dalam pembelajaran untuk mempermudah pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Dalam penelitian ini Alat peraga gambar tersebut digunakan untuk meningkatkan Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan objek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 003 Sebuku. Penelitian ini berlangsung kurang lebih 2 minggu pada proses belajar mengajar di semester II. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Alat peraga gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang Perbandingan Bilangan dengan menggunakan alat peraga gambar angka kemampuan siswa dalam memahami materi Perbandingan Bilangan. Penelitian ini menggunakan lembar kerja siswa sebagai instrumen penelitian dan hasilnya dideskripsikan secara kualitatif.
Setelah diadakan tindakan dalam 2 siklus, hasil tes dianalisis dan hasilnya kemampuan siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar pada siklus I adalah 53% dan siklus II menjadi 80%.

Kata Kunci: Perbandingan Bilangan dan Alat Peraga Gambar

Picture is a media that used in teaching learning process to make easy the understanding of students toward the material. Picture is used to increase students' ability in Number Corporation in this research. This thesis uses Action Research (PTK) and the students of grade 4th at SDN 003 Sebuku as a research object. It is done about 2 weeks at teaching learning process in the 2nd semester. The purpose of this thesis is, to know if Picture could enhance students’ ability in Number Comparation. This thesis uses students’ worksheet as a research instrument and the result describes qualitatively. The result of the 5th grade students is increasing, after the action in 2 cycles. The result of in the 2nd cycle the grade competency is 53% and the 3rd cycle is 80%. Keywords: Number Comparation and Picture

Detail Informasi