Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Pesawat Sederhana Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Siswa Di Kelas V SDN 005 Peso Hilir | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Pesawat Sederhana Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Siswa Di Kelas V SDN 005 Peso Hilir

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Pesawat Sederhana Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Siswa Di Kelas V SDN 005 Peso Hilir

Pengarang : Martha Irang - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Dalam upaya peningkatan hasil belajar, berbagai cara telah dilakukan, diantaranya menggunakan media ajar dalam menyampaikan pelajaran. Namun kadang penyampaian materi yang disampaikan masih belum mampu untuk mencapai tujuan pembelajaran. Persoalan ini disebabkan oleh kurangnya hasil belajar siswa dalam tiap mata pelajaran. Untuk mengatasi hal itu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas khususnya mata pelajaran ilmu pengetahuan alam guna meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana dengan menggunakan pendekatan scientific di Kelas IV SDN Peso Hilir. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui sejauh mana evektifitas penggunaan pendekatan scientific dalam menggunakan dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA. Subjek Penelitian ini adalah Siswa Kelas IV SDN 005 Peso Hilir tahun pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 10 orang. Sedangkan objeknya adalah menggunakan pendekatan scientific dan hasil belajar siswa. Data yang dikumpulkan berupa lembar observasi aktivitas siswa dan guru yang diisi oleh observasi serta nilai tes rata-rata hasil belajar siswa setiap siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar dalam pelajaran IPA pada materi pesawat sederhana.

Kata Kunci: Meningkatkan Hasil Belajar, Pendekatan Scientific, Materi Pesawat Sederhana

In the effort to improve learning outcomes, has done a variety of ways, including teaching using media in delivery the lessons. But sometimes the delivery of the material presented is still not able to achieve the learning objectives. This issue is caused by a lack student achievement learning in each subject. To overcome this, researchers conducted action research in particular natural science subjects in order to improve student learning outcomes in a simple aircraft material using a scientific approach in class IV SDN pesos downstream. The purpose of this research is to determine how effective the use of the scientific approach in facilitating and improving student learning outcomes in science lessons. The subjects were 005 fourth grade students of SDN downstream pesos learning year 2013/2014, amounting to 10 people. While the object is the use of scientific approaches and student learning outcomes. Data were collected in the form of student activity sheets and teacher observations were filled by observation and the average test scores of student learning outcomes of each cycle. The conclusion of this study is to use a scientific approach to improve learning outcomes in science lessons on simple aircraft material. Keywords: Improving Learning Results, Scientific Approaches, Simple Airplane Material

Detail Informasi