Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPA Materi Bumi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Siswa Kelas VI SDN 002 Peso Hilir | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPA Materi Bumi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Siswa Kelas VI SDN 002 Peso Hilir

Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPA Materi Bumi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Siswa Kelas VI SDN 002 Peso Hilir

Pengarang : Marta Juk - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Berdasarakan hasil observasi pada siswa kelas VI SDN 002 Peso Hilir ditemukan adanya permasalahan, yaitu 1) Siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, 2) Siswa tidak bertanya walaupun siswa tersebut belum memahami materi pelajaran, 3) Hasil belajar siswa yang masih kurang, 4) Saat diberikan tugas sering tidak mengerjakannya.
Jenis Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 002 Peso Hilir pada semester II tahun ajaran 2013/2014, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 002 Peso Hilir. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA aspek kognitif, psikomotorik dan afektif siswa pada materi Bumi menggunakan model Think Pair Shere di kelas VI SDN 002 Peso Hilir. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrumen penelitian untuk memperoleh data perkembangan siswa adalah observasi terhadap perilaku siswa, lembar penilaian aspek psikomotorik, lembar penelitian aspek afektif, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus dan pertemuan, pada siklus I pertemuan pertama 68,3 pertemuan kedua 70,8 dan sikus kedua pertemuan pertama7,8 dan pertemuan kedua 7,75. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Berdasarakan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan menerapkan penggunaan model Think Pair Shere dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Bumi siswa kelas VI SDN 002 Peso Hilir.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Think Pair Share, Bumi

Based on the observation of the sixth grade students of SDN 002 Peso Downstream found any problems, namely 1) students lack attention to the teacher’s explanation, 2) students are not asked yet, although the student understand the subject matter, 3) students learning outcomes are still lacking, 4) when given tasks often do not it. The type of research that is used by researchers is Classroom Action Research (CAR), which was conducted in 002 Peso SDN Downstream in the second semester of the school year 2013/2014, the research subjects were students of class VI SDN 002 Peso downstream. This research aims to improve science learning outcomes in Earth materials using Shere Think Pair models in class VI SDN 002 Peso Downstream. Research was conducted in two cycles where each consisted of two meetings. Research instrument to obtain data on student growth is the observation of student behavior, psychomotor aspects of assessment sheets, sheet affective aspects of research, and the achievement test. The results showed that an increase in student learning outcomes. This can be seen from the results obtained in each cycle and the meeting, the first meeting of the first cycle of the second meeting of 70,8 and 68,3 the second cycle of the first meeting and the second meeting 7,75 7,8 it can be said that the research has been successful and in accordance with indicator success. Based on the results of the study concluded that by applying the Think Pair Shere models can improve learning outcomes on the material Earths science sixth grade students of SDN 002 Peso Downstream. Keywords: Learning Outcomes, Think Pair Share, Earth

Detail Informasi