Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Tema Aku Dan Teman Baruku Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas I SDN 028 Tanjung Selor Tahun Pembelajaran 2014/2015 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Tema Aku Dan Teman Baruku Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas I SDN 028 Tanjung Selor Tahun Pembelajaran 2014/2015

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Tema Aku Dan Teman Baruku Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas I SDN 028 Tanjung Selor Tahun Pembelajaran 2014/2015

Pengarang : Lince Bit - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Scientific merupakan suatu penyajian pembelajaran yang menyatukan beberapa mata pelajaran dengan tema sebagai pemersatunya. Proses pembelajaran dengan pendekatan Saintifik disajikan dengan tahap-tahap; mengamati, menanya, mencoba, menalar, membentuk jejaring.
Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 di Kelas I SDN 028 Tanjung Selor dengan subjek penelitian 14 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dan siklus II dilaksanakan dengan masing-masing tiga pertemuan dan diakhir setiap siklus dilakukan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi pengamatan keterampilan siswa, pengamatan sikap siswa dan pengamatan keterampilan mengajar guru.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, rata-rata keterampilan mengajar guru pada siklus I yaitu 72,8% dan pada siklus II 80,8%. rata-rata pengamatan sikap siswa pada siklus I yaitu 60,6% dan pada siklus II 71,2%. Sedangkan keterampilan siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 73,5% dan pada siklus II menjadi 79,1%. Peningkatan ini juga terjadi pada hasil tes belajar siswa. Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 64,2% sedangkan pada siklus II mencapai 79%.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada sub tema Aku dan Teman Baruku di kelas I SDN 028 Tanjung Selor tahun pembelajaran 2014/2015.

Kata Kunci: Pendekatan Scientific, Hasil Belajar

Thematic Learning Approach to Scientific is a learning presentation that brings together some of the subjects with a unifying theme. Scientific approach to the learning process presented by stages; observe, ask, try, reasoning, establishing networks. The experiment was conducted in the first semester of the school year 2014/2015 in Class I SDN 028 Tanjung Selor with research subjects 14 students. This study uses class action research conducted in two cycles. Cycle I and Cycle II carried out with each of the three meetings, and at the end of each cycle tests of learning outcomes in the form of multiple choice. Data collection techniques such as observation sheets observation skills of students, observations of students 'attitudes and teaching skills of teachers' observations. Based on research that has been conducted, the average teaching skills of teachers in the first cycle is 72.8% and 80.8% in the second cycle. the average student attitudes observations on the first cycle are 60.6% and 71.2% in the second cycle. While the skills of students have risen in the first cycle of 73.5% and in the second cycle becomes 79.1%. This increase also occurred in the test results of student learning. Mastery learning on the first cycle of 64.2%, while in the second cycle reaches 79%. Based on this study it can be concluded that the adoption of learning by using Scientific approach can improve student learning outcomes in Sub-Themes I and my New Friend in class I SDN 028 Tanjung Selor learning year 2014/2015. Keywords: Scientific Approach, Thematic Learning, Learning Outcomes

Detail Informasi