Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Scientific Berbantuan Alat Peraga Di Kelas IV SDN 014 Tanjung Selor | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Scientific Berbantuan Alat Peraga Di Kelas IV SDN 014 Tanjung Selor

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Scientific Berbantuan Alat Peraga Di Kelas IV SDN 014 Tanjung Selor

Pengarang : Lilik Suhartoyo - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi bilangan bulat Melalui pendekatan scientific Berbantuan alat peraga di kelas IV SDN 014 Tanjung Selor.
Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan 2 pertemuan, dan masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian aktivitas siswa, dan lembar aktivitas Guru.
Penerapan pembelajaran matematika kelas IV materi operasi bilangan bulat dengan menggunakan pendekatan scientific berbantuan alat peraga di kelas IV SDN 014 Tanjung Selor dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa, peningkatan tersebut ditandai dengan sebelum pendekatan scientific digunakan pada materi operasi bilangan bulat ketuntasan yang dicapai hanya 40%, selanjutnya pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 62,77 dengan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 67% dan siklus II diperoleh rata-rata 79,80 dengan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 91,67%.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika materi operasi bilangan bulat dengan menggunakan pendekatan scientific berbantuan alat pearaga di kelas IV SDN 014 Tanjung Selor.

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Operasi Bilangan Bulat, Pendekatan Scientific

To the effect this research is subject to be Increase mathematics studying result material hads out integer Via approaching scientific Get display tool help at class IV SDN 014 Tanjung Selor. Action research brazes that executed deep 2 cycles, each cycle is done 2 appointments, and each cycle consisting 4 planning steps, action, observation, and reflection. Data collecting tech that is utilized is essay and non essay. data collecting instrument that is utilized is essay to usufruct studying, activity estimation sheet student, and activity sheet Learns. Mathematics learning implement class IV. material had out integer by use of approaching scientific get display tool help at class IV SDN 014 Tanjung Selor can increase student studying results that marked by thoroughness step-up studies student, that step-up marked by before approaching scientific utilized on material hands out thoroughness integer that is reached just 40%, hereafter on cycle i. to get average value 62,77 by ala thoroughness percentages classical as big as 67% and cycles II. acquired average 79,80 by ala thoroughness percentages classical as big as 91,67%. Base observational result and study, therefore, gets to be concluded that there results step-up studies material mathematics had out integer by use of approaching scientific get pearaga's tool help at class IV SDN 014 Tanjung Selor. Keywords: Mathematic Study Result, Operate for Integer, Approaching Scientific

Detail Informasi