
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Waktu Menggunakan Model Make A Match Siswa Kelas II SDN 012 Malinau Selatan
Pengarang : Lenggang Irang - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas II SDN 012 Malinau Selatan semester I tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 15 orang terdiri atas sembilan orang laki-laki dan enam orang perempuan. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes dan non tes. Penelitian ini dilakukan pada bulan Nopember 2014.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar hanya 40% dan setelah diberi tindakan pada siklus I ketuntasan belajar siswa menjadi 53% pada siklus II menjadi 80%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan penggunaan model pembelajatran Make a Macth dapat meningkatkan hasil belajar penjaskes pada materi gerak berirama siswa kelas II SDN 012 Malinau Selatan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Model Pembelajatran Make a Match
The subject was fourth graders students of the first semester at SDN 012 Malinau Selatan in the academic years 2014/2015. The study uses a Class Action Research (Classroom Action Research) as much as two cycles with seventeen students and twice meeting. There are fifteen students were divided into two groups. Each group consists of nine male students and six female students. The techniques of collecting data were test and non-test. This research was taken on November 2014. Based in the research result it can be concluded that there is an improvement of civic learning outcome. Initial conditions before the action gets students classical completeness of 40%. In the first cycle increased to 53% and, the second cycle increased to 80%. The research was succeeding with indicator. In conclusion, the finding of the research shows that application of cooperative learning model type “Make a Match” in the math lesson of time measurement improving student’s learning outcome. Keywords: Learning Outcome, Math Lesson, Make A Match