Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Memahami Gaya Dapat Mengubah Gerak Suatu Benda Menggunakan Metode Demostrasi Di Kelas IV SD Negeri 010 Peso Kabupaten Bulungan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Memahami Gaya Dapat Mengubah Gerak Suatu Benda Menggunakan Metode Demostrasi Di Kelas IV SD Negeri 010 Peso Kabupaten Bulungan

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Memahami Gaya Dapat Mengubah Gerak Suatu Benda Menggunakan Metode Demostrasi Di Kelas IV SD Negeri 010 Peso Kabupaten Bulungan

Pengarang : Jonson Anye - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 010 Peso pada Materi IPA. Penelitian ini memakai model penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah – masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, untuk memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran. Desain penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata–rata 78 dan pada siklus II sebesar 91. Sedangkan ketuntasan secara klasikal mencapai 85 % sehingga diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDN 010 Peso meningkat dalam mengubah gerak suatu benda mengggunakan metode demonstrasi.

Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar Siswa  

The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to improve the students’ science achievement in changing the motion of an object through demonstration model at fourth grade students of SD Negeri 010 Long Peso Kabupaten Bulungan. The research was done also to improve the teaching and learning quality. This research was done into some steps; planning, implementing, observing and reflecting. The research instruments were observation sheet and cognitive test. Based on the result of study in first cycle the students’ score was 78 and the second cycle was 91 and its classical percentage was 85%. It indicates that students have gained the criteria of success in this research and the students’ motivation was rising and priding by using demonstration model. By understanding the result of this study, it can be concluded that demonstration model can improvethe students’ science achievement in changing the motion of an object at fourth grade students of SD Negeri 010 Peso Kabupaten Bulungan.

Detail Informasi