
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Kegiatan Sehari-Hari Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas II SDN 008 Peso Tahun Pembelajaran 2013/2014
Pengarang : Ipung - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema kegiatan sehari-hari dengan menggunakan pendekatan scientific di Kelas II SDN 008 Peso tahun pembelajaran 2013/2014. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian afektif siswa, lembar penilaian psikomotorik siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Rata-rata hasil belajar pada aspek afektif untuk semua aspek yang diperoleh siswa pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 19,6. Kemudian untuk aspek psikomotorik rata-rata yang diperoleh siswa dari semua aspek penilaian juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 15,3. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 14,3%. Maka, presentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 71,4% meningkat menjadi 85,7% pada siklus II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada tema kegiatan sehari-hari dengan menggunakan pendekatan scientific di Kelas II SDN 008 Peso tahun pembelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Tema Kegiatan Sehari-Hari, Pendekatan Scientific
Classroom action research aims to increase the students’ achievement through daily activity using scientific approach for second grade of SDN 008 Peso in academic Year 2013 / 2014. Classroom action research has done two cycles. It is consisting of four steps they are planning, acting, observing and reflecting. Collecting data technique was used that consists of three steps. They are preparing, acting and reporting. Collecting data instrument was used as the result of the teaching and learning test, students’ affective scoring sheet. Students’ psychomotor scoring sheet and teacher’s observing activity sheet in teaching and learning. The average of the students’ achievement in affective aspect to all aspect that students were obtained at cycle I to cycle II increased 19, 6 %. On the other side of psychomotor aspect, the average score to all aspect that students were obtained at cycle I to cycle II increased 16, 1 %. Whereas the average of the achievement to cognitive aspect increased from cycle I to cycle II 14, 3%. So, the percentage of the students’ achievement in teaching and learning as classical at cycle I 71, 4% increased to be 85, 7% at cycle II. The conclusion of classroom action research is increasing the Students’ Achievement through daily activity using scientific approach for second grade of SDN 008 Peso in academic Year 2013 / 2014 can increase the students’ achievement. Keywords: Learning Achievement, Daily Activity, Scientific Approach