
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Menggunakan Media Gambar Di Kelas IV SDN 004 Kecamatan Peso
Pengarang : Ika Sung - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi Perkembangan Teknologi pada subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) siswa kelas IV SDN 004 Peso.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 Siklus, masing masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif yang diperoleh siswa pada siklus I 70,3 meningkat menjadi 80,3 pada siklus II dan presentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 68,7% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan media gambar pada pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 004 Peso dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 004 Peso.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Media Gambar
The purpose of this research the result of study in IPS through Technology Development Material in The Classroom Action Research (CAR) students' class IV SDN 004 Peso. Classroom Action Research (CAR) by using 2 cycles, each cycle consists of 4 stages they are planning, implementing, observing, and reflecting. Technique of collecting that used consists of 3 stages they are preparing, implementing, and reporting. Instrument of collecting data that used is the test result, observation sheet for the students' activities, observation sheet for the teachers in learning management. The average of result of study in cognitive aspect that got by the students in first cycle 70,3 increase to 80,3 in second cycle and the percentage of learning achievement classically in first cycle reached 68,7% increased to 87,5% in second cycle. The conclusion of this Classroom Action Research (CAR) is used picture in learning IPS for students in class IV SDN 004 Peso could increase result of study of students in class IV SDN 004 Peso. Keywords: Learning Achievement, Social Science, Picture Media