
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Dan Gerak Menggunakan Model Pembelajaran Eksperimen Dengan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas VI SDN 006 Sekatak
Pengarang : Hermanus - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi Gaya dan Gerak menggunakan model pembelajaran Eksperimen dengan pendekatan scientific pada siswa kelas VI SDN 006 Sekatak.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 006 Sekatak yang berjumlah 18 siswa. Data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, lembar pengamatan aktifitas siswa dan lembar pengamatan aktifitas guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 78% dan nilai rata-rata kelasnya 68 sedangkan pada Siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 89% dan nilai rata-rata kelas pada siklus II yaitu 71 sedangkan rata-rata aktifitas siswa pada siklus I 85% sedangkan pada siklus II rata-rata aktifitas siswa 88%.
Dengan demikian pembelajaran yang diajarkan menggunakan model pemblajaran eksperimen dengan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktifitas siswa dan membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran.
The objective of this research was to improve the student natural science learning achievement at class VI of SDN 006 Sekatak to use experiment method with scientific approach. This research employed Classroom Action Research (CAR) which was carried out in 2 (two) cycles in which each cycle consisted of planning, implementing the action, observation, and analysis and reflection. The subject of this research was the students of class VI of SDN 006 Sekatak which consisted of 18 students. The data were obtained by using the observation sheet for teacher’s activity, the observation sheet for students’ activity, and achievement test in a form of multiple choice. The finding shows that student's accomplishment during the first cycle increase from 78% to 89% at the second cycle. Similarly, the average score increases from 68 to 71. Again, the students’ activeness also increases from 81% at the first cycle to 88% at the second cycle. It is therefore concluded that the use experiment method with scientific approach is effective to increase the students’ achievement, activeness and the accomplishment of each competency. Teachers are suggested to use similar technique in teaching similar material to have better teaching result.