Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Mengarang Menggunakan Media Gambar Dengan Pendekatan Sceintific Pada Siswa Kelas III SDN 018 Tanjung Palas | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Mengarang Menggunakan Media Gambar Dengan Pendekatan Sceintific Pada Siswa Kelas III SDN 018 Tanjung Palas

Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Mengarang Menggunakan Media Gambar Dengan Pendekatan Sceintific Pada Siswa Kelas III SDN 018 Tanjung Palas

Pengarang : Hatim - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan mengarang siswa setelah penerapan media gambar.
Penelitian Tindakan Kelas terbagi menjadi 2x pertemuan siklus I pertemuan 1 dan 2 dilaksanakan pada tanggal 3 Maret sampai dengan 21 April 2014, Sedangkan siklus II pertemuan 1 dan 2 dilaksanakan pada tanggal 28 April sampai dengan 26 Mei 2014 di kelas III dengan jumlah siswa 6 orang.
Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan pos tes pada setiap akhir siklus. Bentuk tes pada siklus 1 adalah pilihan ganda dan pada siklus 2 isian, bersifat individu. Soal dibut oleh peneliti dan disesuaikan dengan indicator yang telah dirumuskan. Hasil analisis penelitian me nunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa kelas III SDN 018 Tanjung Palas yang berjumlah 6 orang dalam materi mengarang. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas siklus 1 yang dicapai siswa yaitu 70 dan siklus 82,5.
Dengan demikian salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III dalam materi mengarang adalah melalui Pendekatan Scientific.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Penggunaan Media Gambar, Pendekatan Scientific, Mengarang

The study objective was to determine the improvement of students' skills concocted after the application of media images. Classroom Action Research is divided into the first cycle of meetings 2x 1st and 2nd meeting held on 3 March to 21 April 2014, while the second cycle 1 and 2 meetings held on April 28 through May 26, 2014, in Class III by the number of students 6 people. The data collection was obtained from the observation and posttest at the end of each cycle. The form of the test in cycle 1 is multiple choice and the second cycle of stuffing, individual character. Problem debut by researchers and adapted to the indicators that have been formulated. Results of analysis showed me that there is an increase in student achievement grade III SDN 018 Tanjung Palas which amounted to 6 people in the fabricated material. It can be seen from the average value of first cycle grade students who achieved at 70 and 82.5 cycles. Thus, one of the efforts to improve the learning outcomes of Indonesian students in the third-grade material is fabricated by Scientific Approach. Keywords: Learning Outcomes, Use of Media Image, Scientific Approach, Writing

Detail Informasi