Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tentang Gaya Dan Gerak Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Berbantuan Lingkungan Sebagai Media Belajar Di Kelas VI SDN 001 Bunyu | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tentang Gaya Dan Gerak Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Berbantuan Lingkungan Sebagai Media Belajar Di Kelas VI SDN 001 Bunyu

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tentang Gaya Dan Gerak Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Berbantuan Lingkungan Sebagai Media Belajar Di Kelas VI SDN 001 Bunyu

Pengarang : Handrawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 001 Bunyu melalui Pendekatan Scientific berbantuan lingkungan sebagai media belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 001 Bunyu yang berjumlah 31 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, analisis sikap afektif dan psikomotor siswa, lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, dalam pengelolaan pembelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 60% dari kriteria ketuntasan minimum (71). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 65% sampai 84% masing-masing siklus.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan scientific berbantuan lingkungan sebagai media belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tentang gaya dan gerak di kelasVI SDN 001 Bunyu.

This research intent to increase student studying result brazes VI SDN 001 Bunyu pass through Scientific's Approaching gets environment help as media of studying. This observational type is observational action braze that executed deep 2 cycles, one that each cycle consisting of planning phase, performing, observation and reflection. Observational subject is student braze VI SDN 001 Bunyu that total 31 students, acquired data by use of essays student studying result in shaped double helix, analysis is affective attitude and psychomotor is student, activities observing sheet learn, activities observing sheet student, in learning management. This observational result points out that increasing happening on yielding learned student. Can be seen from acquired result on each cycle, before given by thoroughness action studies classical's ala just reaches 60% of minimum thoroughness criterions (71). After been done action on i. cycle and cycle II., learning attainment step by step increase of 65% until 84% each cycle. Can be concluded that approaching purpose scientific get environmental help as media of studying can increase student studying result on learning about style and power at kelas VI SDN 001 Bunyu.

Detail Informasi