Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Segitiga Dengan Menggunakan Penerapan Model Picture And Picture Kelas V SDN 012 Malinau Selatan Tahun Ajaran 2014/2015 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Segitiga Dengan Menggunakan Penerapan Model Picture And Picture Kelas V SDN 012 Malinau Selatan Tahun Ajaran 2014/2015

Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Segitiga Dengan Menggunakan Penerapan Model Picture And Picture Kelas V SDN 012 Malinau Selatan Tahun Ajaran 2014/2015

Pengarang : Florianus Sefrinus Tao - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi jenis-jenis bangun datar segitiga dan sifat-sifatnya dengan model pembelajaran Picture and Picture dalam matapelajaran Matematika pada siswa kelas V SD Negeri 012 Malinau Selatan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 012 Malinau Selatan yang berjumlah 9 orang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana dilakukan dalam dua siklus, dengan teknik pengambilan sampel teknik total sampling, dan instrumen penelitian berupa tes, lembar observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa.
Data hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa mengidentifkasi jenis-jenis segitiga dan sifat-sifatnya serta mampu mengerjakan soal mengenai luas dan keliling segitiga. Dalam hal aspek kognitif, hasil belajar siswa yang diukur melalui tes pada setiap siklus menunjukkan bahwa pada siklus I rentang nilai siswa mulai 5,5 sampai 8,2 dengan indikator keberhasilan belajar mencapai 66,7% sedangkan pada siklus II kemampuan siswa mengalami peningkatan ditandai dengan perolehan nilai mulai dari 6,9 sampai 9,0 dimana semua siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan indikator keberhasilan belajar maksimum atau 100%. Hasil ini secara eksplisit menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan. Mengenai aspek afektif dan psikomotorik siswa terhadap proses pembelajaran materi bangun datar segitiga dengan model Picture and Picture ditunjukkan melalui skor observasi aktivitas belajar siswa. Presentase skor observasi pada siklus I adalah 76,4% dan meningkat menjadi 84% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa ini berbanding lurus dengan nilai aktivitas mengajar guru yang pada siklus I mencapai nilai 72,8 dan meningkat pada siklus II mencapai nilai 84.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Bangun Datar Segitiga, Picture and Picture

This research to improve students’ ability to identify the types of flat triangular wake properties with learning model picture and picture in mathematics in class V Elementary School 012 South Malinau. Samples were students of class V Elementary School 012 South Malinau, amounting to 9 people. The method used is the method of Classroom Action Research (CAR) which is done in two cycle, with a sampling technique tehnic total sampling, and research instruments in the form of tests, teacher observation sheet teaching activities and student learning activities. Research data shows that an increase in the ability of students to identify the types of triangle and its properties and is able to work on the problems of the area and perimeter of triangles. In terms of cognitive, student learning outcomes as measured by tests at each cycle in the first cycle shows that the range of values ranging 5.5 to 8.2 students with learning success indicator reached 66.7%, while in the second sycle the students’s ability to experience a marked increase in acquisition values ranging from 6.9 to 9.0 where all students achieve Mastery Minimum Criteria (MMC) and maximum learning success indicators or 100%. These results explicitly show an increase in the ability of students are significant. Affective and psychomotor aspects of the students’ learning process material flat wake triangle with the model picture and picture indicated by a score of observation of student learning activities. Percentage scores observed in the first cycle was 76.4% and increased to 84% in the second cycle. This student learning activity is directly proportional to the value of teachers’ teaching activities in the first cycle reaches 72.8% and increased in the second cycle reaches the value 84. Keywords: Learning Outcomes, Flat Wake Triangle, Picture and Picture

Detail Informasi