Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas IV SDN 005 Tanjung Palas Tengah Kabupaten Bulungan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas IV SDN 005 Tanjung Palas Tengah Kabupaten Bulungan

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas IV SDN 005 Tanjung Palas Tengah Kabupaten Bulungan

Pengarang : Fitriani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan Pendekatan Scientific pada materi sumber daya Alam di kelas IV SD Negeri 005 Tanjung Palas Tengah Kabupaten Bulungan.
Penelitian ini menggunakan PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus yang mana dalam setiap siklus dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV jumlah siswa sebanyak 14 siswa di SDN 005 Tanjung Palas Tengah. Data diperoleh menggunakan lembar observasi sikap siswa, unjuk kerja untuk mengukur keterampilan siswa, dan tes tertulis untuk mengukur aspek kognitif. Data kemudian dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa siklus I pada pengamatan sikap siswa diperoleh 85,71% atau 12 siswa yang memenuhi kriteria Mulai Berkembang, hasil keterampilan siswa diperoleh 100% atau 14 siswa yang memenuhi kriteia Baik dan pada aspek kognitif diperoleh 42,86% atau 6 siswa yang tuntas sesuai kriteria ketuntasan minimal (65) sedangkan hasil belajar siswa siklus II, pada aspek sikap berjumlah 85,71% atau 12 siswa yang memenuhi kriteria Mulai Berkembang, aspek keterampilan berjumlah 100% atau 14 siswa yang memenuhi kriteia Baik dan aspek kognitif berjumlah 85,71% atau 12 siswa yang tuntas sesuai kriteria ketuntasan minimal (65).
Dapat disimpulkan bahwa menngguhnakan pendekatan sientific dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada kelas IV SD Negeri 005 Tanjung Palas Tengah Kabupaten Bulungan.

Kata Kunci: Pendekatan Scientific, Sumber Daya Alam

This study aims to improving Natural Science Learning achievement on Natural Resources by using Scientific Approach at slass IV of SDN 005 on Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan. This study employed classroom action research conducted in two cycles in which each cycle was done into two meeting. The subjects was the fourth grade students which was consisted of 14 students at SDN 005 Tanjung Palas Tengah. The data were obtained using observation sheet of students’ attitudes, performance test to measure tudentsskills and a written test measure students cognitif. The data then were analized using descriptive statistical procedure. The results of study showed that the students Learning achievement in cycle 1 on attitude aspect was 85.71% or 12 students reached “developed” category, on skill aspect was 100% or all of the students reached “good” category and on the cognitive aspect was 42.86% or 6 students reached the minimal criteria of passing grade (65). while the students Learning achievement in cycle 2 on attitude aspect was 85.71% or 12 students reached “developed” category on skill aspect was 100% or all of the students reached “good” category and on the cognitive aspect was 85.71% or 12 students reached the minimal criteria of passing grade (65). It can be concluded that the use of Scientific Approach can improve the students Natural Science Learning achievement at class IV of SDN 005 Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan. Keywords: Scientific Approach, Natural Resources

Detail Informasi