
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V SDN 002 Malinau Kota
Pengarang : Efil Oktaria - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 002 Malinau Kota semester I tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 orang terdiri atas sembilan belas orang laki-laki dan sembilan orang perempuan. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes dan non tes. Penelitian ini dilakukan pada bulan Nopember 2014.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar hanya 40% dan setelah diberi tindakan pada siklus I ketuntasan belajar siswa menjadi 57% pada siklus II menjadi 83%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching And Learnig (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi ketampakan alam dan buatan siswa kelas V SDN 002 Malinau Kota.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learnig (CTL)
The objective of this research was to improve Social Science Learning Achievement by using Contextual Teaching and Learning Model at grade V SDN 002 Malinau Kota of in the academic years 2014/2015. The study used a Class Action Research (Classroom Action Research) in two cycles with 30 students in which each cycle consisted of two meeting. Thirty students were divided into two groups. Each group consisted of nineteen male student and nine female students. The technique of collecting data were test and non-test. This research was taken on November 2014. Based in the research result, it can be concluded that there was an improvement of Social Science learning Achievement. Initial conditions before the action the students’ classical completeness were 40%. In the first cycle increased to 57% and, the second cycle increased to 83%. The research was succeeding with indicator. In conclusion, the finding of the research shows that Contextual Teaching and Learning (CTL) can help to improve students learning Achievement in Social Science Subject of the fifth grade Students at SDN 002 Malinau Kota. Keywords: Learning Achievement, Social Science, Contextual Teaching and Learning (CTL) Model