
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Tema Gemar Bernyanyi Dan Menari Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas I SDN 005 Tanjung Palas Barat Tahun Pembelajaran 2014/2015
Pengarang : Desymaisriyanthi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Implementasi pembelajaran tematik dengan pendekatan Scientific merupakan suatu penyajian pembelajaran yang menyatukan beberapa mata pelajaran dengan tema sebagai pemersatunya. Tahap pembelajaran tematik dengan pendekatan Scientific yaitu dengan tahap mengamati, menanya, mencoba, menalar, membentuk jejaring.
Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 di Kelas I SDN 005 Tnjung Palas Barat dengan subjek penelitian 17 siswa. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tahan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilakukan dengan dua alternatif tindakan yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari tiga pertemuan dari setiap siklus , di akhir siklus dilakukan tes pemahaman materi siswa terhadap materi pelajaran. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi pengamatan sikap siswa, pengamatan keterampilan siswa dan pengamatan keterampilan mengajar guru.
Berdasrkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, rata-rata keterampilan mengajar guru pada siklus I yaitu 70,1% dan pada siklus II sebesar 77,5%. Pengamatan sikap siswa pada siklus I menunjukkan 52,9% dan pada siklus II sebesar 76,4%, rata-rata keterampilan siswa pada siklus I sebesar 64,8% dan pada siklus II menjadi 82,4%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 64,7% sedangkan pada siklus II sebesar 76,5%.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Sub Tema Gemar Bernyanyi dan Menari di kelas I SDN 005Tanjung Palas Barat Tahun Pembelajaran 2014- 2015.
Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Pendekatan Scientific, Sub Tema Gemar Bernyanyi dan Menari
Implementation of thematic learning Scientific approach is a learning presentation that brings together some of the subjects with a unifying theme. Thematic learning phase with Scientific approach is to observe the stage, ask, try, reasoning, establishing networks. The experiment was conducted in the first semester of the school year 2014/2015 in Class I SDN 005 Tnjung Palas Barat with 17 student research subjects. This type of research Using Class Action research with the planning, action, observation and reflection made with two alternative measures which the first cycle and second cycle consisting of three meetings of each cycle, at the end of the cycle tests students' understanding of the material to the subject matter. Data collection technique such as observation sheets student attitudes observation, observation skills of students and teachers to teach the skills of observation. Based on the research that has been conducted, the average teaching skills of teachers in in the first cycle is 70.1% and in the second cycle of 77.5%. Observation of student attitudes on the first cycle showed 52.9% and in the second cycle of 76.4%, the average skills of students in the first cycle of 64.8% and in the second cycle becomes 82.4%. While mastery of learning outcomes in the first cycle of 64.7%, while the second cycle of 76.5%. Based on this study it can be concluded that the adoption of learning by using Scientific approach can improve student learning achievement in Sub Themes of Joyfulness of Singing and Dancing a class I SDN 005Tanjung Palas Barat in academic Year 2014-2015. Keywords: Thematic Learning, Scientific Approach, Joyfulness of Singing and Dancing