
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Melakukan Operasi Hitung Campuran Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN 010 Peso
Pengarang : Deasy Butsianti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui Model Pembelajaran Jigsaw pada Pelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri 010 Peso.
Penelitian Tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar pengamatan aktivitas siswa.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 33% pada siklus yang pertama menjadi 83% pada siklus yang kedua.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas IV SD Negeri 010 Peso.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar Matematika Siswa
The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to improve the students’ achievement at the fourth grade students in SD Negeri 010 Peso. The research was conducted in two circles. Each circle was done into some steps; planning, implementing, observing and reflecting. The research instruments were test and observation sheet. The result of this study showed that the students score was increased from 33% in the first circle become 83% in the second circle. By understanding the result of this study, it can be concluded that the Jigsaw Learning Model can improve the students’ Mathematics achievement at the fourth-grade students in SD Negeri 010 Peso. Keywords: Jigsaw Learning Model, Students’ Mathematics Achievement