
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas V SDN 006 Peso Tahun Pembelajaran 2013/2014
Pengarang : Darlinda Sarun - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi pesawat sederhana dengan menggunakan pendekatan scientific pada siswa kelas V SDN 006 peso tahun pembelajaran 2013/2014. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian afektif siswa, lembar penilaian psikomotorik siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Rata-rata hasil belajar pada aspek afektif untuk semua aspek yang diperoleh siswa pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 17. Kemudian untuk aspek psikomotorik rata-rata yang diperoleh siswa dari semua aspek penilaian juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 16. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 28,6%. Maka, presentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 57,1% meningkat menjadi 85,7% pada siklus II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah menggunakan pendekatan scientific pada siswa kelas V SDN 006 peso tahun pembelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Pendekatan Scientific
The Classroom Action Research (CAR) aims to increase the result of study IPA through items plane by using scientific approach for elementary school students class V SDN 006 Peso academic years 2013/2014. The Classroom Action Research (CAR) by using 2 cycles, each cycle consist of 4 stages they are planning, implementing, observing, and reflecting. Technique of collecting data that used consists of 3 stages they are preparing, implementing, and reporting. Instrument of collecting data that used is the students test result, scoring sheet of effective students, scoring sheet of psychometric students, and observation sheet for the teacher in classroom management. The average of study result for aspect of affective to all aspects in students results results of the first cycle to the second cycle reached 17. Then psychomentric aspect the average that got by the student from all assessment aspects was also increased from first cycle to the second cycle cycle reached 16. Meanwhile, the average of results of study in cognitive aspects was increased from first cycle to second cycle reached 28,6%. So, the percentage of learning achievement classically in first cycle reached 57,1% increased to 85,7% in second cycle. The conclusion of this Classroom Action Research (CAR) is used scientific approach for students in class V SDN 006 Peso in academic years 2013/2014 could increase the result of study of the students. Keywords: Result Of Study, IPA, Scientific Approach