
Meningkatkan Hasil IPA Materi Energi Listrik Dengan Menggunakan Metode Eksprimen Berbantuan Alat Peraga Di Kelas VI SDN 013 Tanjung Palas
Pengarang : Bith Udau - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis Penelitan yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 013 Tanjung Palas pada semester II tahun ajaran 2013/2014, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 013 Tanjung Palas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA aspek kognitif, afektif siswa pada materi Energi Listrik menggunakan metode pembelajaran Eksperimen di kelas VI SDN 013 Tanjung Palas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus teridiri atas 2 kali pertemuan, Instrumen penelitian untuk memperoleh data perkembangan siswa adalah observasi terhadap perilaku siswa, lembar penilaian aspek psikomotorik, lembar penelitian askpek afektif, dan tes hasil belajar. Hasl penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat hasil belajar pada siklus I mencapai 70%, sedangkan hasil belajar pada siklus 2 mencapai 80%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Berasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran Eksperimen dapat meningkatakan hasil belajar IPA pada Energi Listrik siswa kealas VI SDN 013 Tanjung Palas.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Eksperimen Berbantuan Alat Peraga, Energi Listrik
The type of research that is used by the research is Classroom Action Reasearch (CAR) is implemented in SDN 013 Tanjung Palas on 2013/2014 second semester of the school year, the research subjects were 013 students of class IV SDN 013 Tanjung Palas. This research aims to improve science learning outcomes cognitive, psychomotor and affective student at Electric Energy materials using learning methods in the classroom VI Experiment 013 SDN Tanjung Palas. Research was conducted in two cycles consisting of to obtain data on student growth is the observation of student behavior, psychomotor aspects of research, and the achievement test. The research results indicate that an increase in student learning outcomes. This can be seeing the results of learning in increase in student learning outcomes. This can be seen the results of leaning in cycle 1 to 70%, while the learning outcomes in cycle 2 research 80% then it can be said that the research has been successful and in accordance with success. Keywords: Learning Outcomes, Experimental Methods Assisted Viewer Tool, Electric Energy