
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Menggunakan Pendekatan Saintifik Di Kelas IV SDN 012 Tanjung Palas Utara Tahun Pembelajaran 2014/2015
Pengarang : Ayuna Wahyuningsih - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Saintifik merupakan suatu penyajian pembelajaran yang menyatukan beberapa mata pelajaran dengan tema sebagai pemersatunya. Proses pembelajaran dengan pendekatan Saintifik disajikan dengan tahap-tahap; mengamati, menanya, mencoba, menalar, membentuk jejaring.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dan siklus II dilaksanakan dengan masingmasing tiga pertemuan dan diakhir setiap siklus dilakukan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi pengamatan keterampilan siswa, pengamatan sikap siswa dan pengamatan keterampilan mengajar guru. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 di kelas IV SDN 012 Tanjung Palas Utara dengan subjek penelitian 10 siswa.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, rata-rata keterampilan siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 70,1% dan pada siklus II menjadi 77%. Pengamatan sikap siswa pada siklus I yaitu 63,2% dan pada siklus II 75,5%. sedangkan keterampilan mengajar guru pada siklus I yaitu 70% dan pada siklus II 80,8%. Peningkatan ini juga terjadi pada hasil tes belajar siswa. Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 60% sedangkan pada siklus II mencapai 80%.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi di kelas IV SDN 012 Tanjung Palas Utara tahun pembelajaran 2014/2015.
Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Tematik, Peningkatan Hasil Belajar
Thematic Learning Approach to Scientific is a learning presentation that brings together some of the subjects with a unifying theme. Scientific approach to the learning process presented by stages; observe, ask, try, reasoning, establishing networks. This study uses a class action (PTK) are performed in 2 cycles. Cycle I and Cycle II carried out with each of the three meetings, and at the end of each cycle tests of learning outcomes in the form of multiple choice. Data collection techniques such as observation sheets observation skills of students, observations of students 'attitudes and teaching skills of teachers' observations. The experiment was conducted in the first semester of the school year 2014/2015 in class IV SDN 012 Tanjung Palas Utara to 10 students study subjects. Based on research that has been conducted, the average skills of students has risen in the first cycle of 70.1% and in the second cycle to 77%. Observation of students' attitude in the first cycle is 63.2% and 75.5% in the second cycle. while the teaching skills of teachers in the first cycle is 70% and 80.8% in the second cycle. This increase also occurred in the test results of student learning. Mastery learning in the first cycle by 60%, while in the second cycle reaches 80%. Based on this study it can be concluded that the adoption of learning by using Scientific approach can improve student learning outcomes on the theme always save energy in class IV SDN 012 Tanjung Palas Utara learning year 2014/2015. Keywords: Scientific Approach, Thematic Learning, Learning Outcomes