Meningkatkan Keaktifan Belajar PKn Materi Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota, Dan Provinsi Menggunakan Pendekatan Scientific Siswa Kelas IV SDN 008 Tanjung Palas Kecamatan Tanjung Palas Kabupaten Bulungan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Keaktifan Belajar PKn Materi Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota, Dan Provinsi Menggunakan Pendekatan Scientific Siswa Kelas IV SDN 008 Tanjung Palas Kecamatan Tanjung Palas Kabupaten Bulungan

Meningkatkan Keaktifan Belajar PKn Materi Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota, Dan Provinsi Menggunakan Pendekatan Scientific Siswa Kelas IV SDN 008 Tanjung Palas Kecamatan Tanjung Palas Kabupaten Bulungan

Pengarang : Anugrah Bid - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Keaktifan siswa dalam belajar merupakan persoalan penting dan mendasar yang yang harus dipahami, didasari dan dikembangkan oleh setiap guru dalam proses pembelajaran. ada beberapa hal yang mempengaruhi ketidakaktifan murid pada saat proses belajar berlangsung antara lain, Tidak memiliki motivasi untuk memperkaya materi pelajaran, kurangnya konsentrasi dalam belajar, Kurangnya rasa percaya diri, Guru kurang persiapan dan tidak menguasai materi pelajaran, Guru cenderung menggunakan satu metode saja, sehingga siswa merasa bosan, Siswa takut untuk bertanya tentang sesuatu yang belum dimengerti atau mengemukan gagasanya.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan : Bagaimankah meningkatkan keaktifan belajar PKn Materi Sistem pemerintahan Kabupaten, kota dan provinsi menggunakan pendekatan scientific siswa kelas IV SDn 008 Tanjung Palas Kecamatan Tanjung Palas Kabupaten Bulungan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan keaktifan belajar PKn materi sistem pemerintahan kabupaten, kota dan propinsi menggunakan pendekatan scientific siswa kelas IV SDn 008 Tanjung Palas.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran . Setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 008 Tanjung Palas tahun pelajaran 2014-2015 data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa keaktifan belajar belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II, yaitu siklus I (68%), siklus II (76%). Sedangkan keaktifan guru pada siklus I (67.5) dan siklus II (87.5 %).
Simpulan dari penelitian ini adalah pendekatan Scientific dapat berpengaruh positif terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV SDN 008 Tanjung Palas Kecamatan Tanjung Palas Kabupaten Bulungan.

Kata Kunci: Keaktifan, Belajar, PKn, Pendekatan Scientific

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi