Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota, Dan Provinsi Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas IV SDN 011 Tanjung Palas Tengah Tahun Pembelajaran 2014/2015 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota, Dan Provinsi Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas IV SDN 011 Tanjung Palas Tengah Tahun Pembelajaran 2014/2015

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota, Dan Provinsi Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas IV SDN 011 Tanjung Palas Tengah Tahun Pembelajaran 2014/2015

Pengarang : Alfi Kusumawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pendekatan Scientific merupakan konsep dasar yang melatarbelakangi perumusan metode mengajar dengan menerapkan karakteristik ilmiah. Proses pembelajaran dengan pendekatan Scientific disajikan dengan tahap mengamati, menanya, mencoba, menalar, membentuk jejaring.
Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 di kelas IV SDN 011 Tanjung Palas Tengah dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan dari setiap siklus, di akhir setiap siklus dilakukan tes pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi pengamatan keterampilan mengajar guru, pengamatan sikap siswa dan pengamatan keterampilan siswa.
Hasil pengamatan yang telah dilaksanakan selama penelitian menunjukkan hasil tes ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 69% sedangkan pada siklus II mencapai 81%. Pengamatan sikap siswa pada siklus I yaitu 69,3% dan pada siklus II 75,4%. Rata-rata keterampilan siswa pada siklus I sebesar 75,3% dan pada siklus II menjadi 76,2%. Sedangkan keterampilan mengajar guru pada siklus I yaitu 69,3% dan pada siklus II 75,4%.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pada Materi Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi di kelas IV SDN 011 Tanjung Palas Tengah Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Kata Kunci: Pendekatan Scientific, Hasil Belajar

Scientific approach is the basic concept behind the formulation of teaching methods by applying scientific characteristics. Scientific approach to the learning process is presented with stage observe, ask, try, reasoning, establishing networks. The experiment was conducted in the first semester of the school year 2014/2015 in class IV SDN 011 Tanjung Palas Tengah with 16 student research subjects. The study was conducted by two cycles consisting of two meetings of each cycle, at the end of each cycle tests students' understanding of the subject matter. Data collection techniques such as observation sheets teachers' teaching skills of observation, observation of student attitudes and observation skills of students. The observations that have been implemented during the study shows the test results of mastery learning on the first cycle of 69%, while in the second cycle reaches 81%. Observation of students' attitude in the first cycle is 69.3% and 75.4% in the second cycle. The average skills of students in the first cycle of 75.3% and in the second cycle to 76.2%. While the teaching skills of teachers in the first cycle is 69.3% and 75.4% in the second cycle. Based on this study it can be concluded that the adoption of learning by using Scientific approach can improve student learning outcomes to Content System of Government District, City and Province in class IV SDN 011 Tanjung Palas Tengah Years Learning 2014/2015. Keywords: Scientific Approaches, Learning Outcomes

Detail Informasi