Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas IV SDN 002 Tanjung Palas Barat | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas IV SDN 002 Tanjung Palas Barat

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam Dengan Menggunakan Pendekatan Scientific Di Kelas IV SDN 002 Tanjung Palas Barat

Pengarang : Afrida Laeng - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pandangan sebagian besar siswa bahwa pengetahuan harus dihafalkan dan guru yang cendrung kurang kreatif dalam memberdayakan potensi siswa. Untuk itu diperlukan sebuah strategi yang melibatkan siswa dalam proses tukar pendapat, diskusi dan persentase. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagai mana pelaksanaan pembelajaran pendekatan Scientific di Kelas IV SDN 002 Tanjung Palas Barat, bagai mana respon siswa terhadap metode ini, bagai mana hasil belajar siswa setelah pendekatan Scientific. Subjek penelitrian ini adalah siswa kelas IV SDN 002 Tanjung Palas Barat berjumlah 10 siswa. Hasil belajar dan aktifitas siswa diperoleh dengan menggunakan lembar kerja siswa dipertemukan poertama dan kedua, dan diadakan tes setiap akhir setiap siklus serta pengisian lembar observasi aktivitas siswa yang diisi oleh observatornya yaitu guru kelas.
Dari hasil peneliti yang dilakukan dapat diusimoulkan bahwa penerapan pendekatan Scientific dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa kelas IV SDN 002 Tanjung Palas Barat.

Kata Kunci: Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam, Pendekatan Scientific

The background of this research is most students view that the know ledge should be memorized and the teachers tend to be less creative in empowering students' potential. In case for that, teacher need a strategi that involved students at process of brain storming, discussion and presentation. The purpose of this research is to know how the learning process science approach in four grades at SDN 002 Tanjung Palas Barat how student response to this method, how the result of the student after the scientific approach. The subject of this research was the student in for grades at SDN 002 Tanjung Palas Barat the amount of this class was 10 students. The results and students' activity gained with using student's worksheet in the first and second meeting and the test was conducted after every cycle also the observed student activity sheet which is filled by the teacher. From the result of the researchers who conducted it can be concluded that the application of a scientific approach can improve learning result and learning activities fourth grade student of SDN 002 Tanjung Palas Barat. Keywords: Improving Student Learning Result in Science Learning with Nature Source, Scientific Approach

Detail Informasi