
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penyajian Dan Pengolahan Data Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Melalui Pendekatan Scientific Siswa Kelas VI SDN 002 Sekatak
Pengarang : Abdul Fatah Sanusi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VI SDN 002 Sekatak dengan menggunakan Problem Based Learning melalui Pendekatan Scientific pada materi Penyajian dan Pengolahan Data.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 002 Sekatak yang berjumlah 20 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, Penilaian Afektif kerjasama siswa, Penilaian Psikomotor siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 27% dari kriteria ketuntasan minimum (65). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 70% sampai 75% masing-masing siklus.
Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Problem Based Learning melalui Pendekatan Scientific dapat meningkatkan pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VI SDN 002 Sekatak.
This research intent to increase Mathematics studying result student brazes VI SDN 002 Sekatak by use of Problem Based Learning via Approaching Scientific on Representation and Data Processing material. This observational type is observational action braze that executed deep 2 cycles, one that each cycle consisting of planning phase, performing, observation and reflection. Observational subject is student braze VI SDN 002 Sekatak that total 20 students, acquired data by use of essays student studying result in shaped double helix, Affective estimation student collaboration, Psychomotor estimation student, activities observing sheet learn and activity watch sheet student in learning management. analysis's tech that is utilized is tech analysis qualitative data and analysis tech quantitative data. This observational result points out that increasing happening on yielding learned student. Can be seen from acquired result on each cycle, before given by thoroughness action studies classical's only just reaches 27% of minimum thoroughness criterions (65). After been done action. cycle I and cycle II., learning attainment step by step increase of 70% until 75% each cycle. Can be concluded that by use of Problem Based Learning via Approaching Scientific can increase Mathematics learning On Student brazes VI SDN 002 Sekatak.