
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Media Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas V SDN 042 Tarakan
Pengarang : Kesumawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar ipa melalui model pembelajaran problem based learning menggunakan media kartu bergambar pada siswa kelas V SDN 042 Tarakan pada materi adaptasi hewan dengan lingkungannya. Penelitian ini dilakukan pada semester I Tahun Ajaran 2013/2014.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Objek pada Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa IV-A SD Negeri 031 Tarakan, yang terdiri atas 25 orang siswa Sementara itu objek pada Penelitian Tindakan Kelas ini adalah mengenai penerapan model pembelajaran problem based learning menggunakan media kartu bergambar pada materi adaptasi hewan dengan lingkungannya.
Berdasarkan rumusan masalah dari hasil penelitian serta pembahasannya, maka disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning menggunakan media kartu bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 042 Tarakan. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian siklus pertama secara klasikal siswa belum tuntas belajar siklus 1 diperoleh nilai rata rata prestasi belajar siswa adalah 56 dan ketuntasan belajar mencapai 20 % atau ada 5 siswa dari 25 siswa sudah tuntas belajar. Sedangkan pada pelaksanaan pembelajaran siklus 2 diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 82 dan ketuntasan belajar mencapai 100% siswa sudah tuntas belajar atau ada 25 siswa dari 25 siswa sudah tuntas belajar dan hasil nilai pengamatan siswa sebesar 82,14% dengan keterangan baik sekali. Sementara itu untuk perhitungan observasi aktivitas guru dalam proses kegiatan belajar mengajar menunjukkan persentase sebesar 73% pada siklus 1 dengan kriteria keterangan baik.
Kata Kunci: IPA, Problem Based Learning, Kartu Bergambar
The purpose of this research is to improve learning outcomes ipa learning through problem based learning models using picture card media at the fifth grade students of SDN 042 Tarakan on the matter of animal adaptation to its environment. This research was conducted in the first semester 2013/2014 Academic Year. This research is Classroom Action Research (CAR), which consists of 2 cycles. Objects in the Classroom Action Research is IV-A student Elementary School 031 Tarakan, which consists of 25 students while the objects in this classroom action research is about the application of the model of learning problem-based learning using picture card media on the matter of animal adaptation to its environment. Based on the formulation of the problem of the research and discussion, it was concluded that the model of learning problem-based learning using picture card media can enhance learning outcomes 042 fifth grade students of SDN Tarakan. This is evidenced by the results of the first cycle in the classical studies students have not been thoroughly studied cycle 1 obtained average value is 56 student achievement and mastery learning reach 20% or there are 5 students from 25 students have been thoroughly studied. While the implementation of the learning cycle 2 obtained average value student achievement and mastery learning is 82 to 100% of students have been thoroughly studied or there are 25 students from 25 students have been thoroughly studied and the results observed values of 82.14% of students with a good description of all. Meanwhile, for the calculation of teachers' observation activities in the process of teaching and learning activities showed a percentage of 73% in cycle 1 with a good description of the criteria. Keywords: Science, Problem Based Learning, Picture Cards