
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Metode Eksperimen Di Kelas V-B SDN 004 Tarakan
Pengarang : Yudi Prionggo - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa materi jaring-jaring bangun ruang menggunakan metode eksperimen di kelas V-B SDN 004 Tarakan.
Jenis Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 004 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2013/2014, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V-B SDN 004 Tarakan yang berjumlah 29 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 15 siswa dan perempuan berjumlah 14 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian untuk memperoleh data adalah lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek afektif (sikap), tes hasil belajar yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda (aspek kognitif), dan 2 soal uraian (aspek psikomotorik).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa materi jaring jaring bangun ruang di kelas V-B SDN 004 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar adalah 33,33% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar kognitif siswa menjadi 83% pada siklus II meningkat menjadi 86%. Ketuntasan hasil belajar psikomotorik siswa siklus I 83%, pada siklus II meningkat menjadi 86%. Kemudian hasil belajar afektif siklus I 59%, pada siklus II meningkat menjadi 79%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Eksperimen
The aim of this research is to increase the results of learning mathematics using experiment method to grade 5-B learners at SDN 004 Tarakan. This is classroom action research which was conducted during the second semester of 2013/2014. The subjects were 29 learners of SDN 004 Tarakan, 15 males and 14 females. This research was conducted in two cycles, each cycle consists of two meetings. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection stages. The research instruments consisted of observation sheets of learners’ activities, observation sheets of teacher’s activities, assessment sheets of learners’ affectivec aspect, tests on cognitive aspect (10 questions on multiple choices), assessment sheets of learners’ psychomotor aspect (2 descriptive questions). The research findings showed that the use of the experiment method was able increase learners’ learning achievements. This can be seen from learning results of each cycle. Before given the treatment, the learners’ level of minimum accomplishment was 33.33%. For the cognitive aspect, after given the treatment the level reached 83% at the first cycle and 86% at the second one. For the psychomotor aspect, the level reached 83% at the first cycle and 86% at the secong one. For the affective aspect, the level was 59% at the first cycle and reached 79% at the second one. This results indicated that the treatment was successful. Keywords: Learning Achievement, Experiment Method