
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Dan Pembagian Pecahan Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas VB SDN 013 Tarakan
Pengarang : Yeti Purnama Sari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VB SD N 013 Tarakan semester II tahun pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 27 orang terdiri atas 16 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes dan non tes.
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa yang kurang memuaskan disebabkan oleh masalah yaitu (1) siswa kurang memperhatikan penjelasan guru saat pembelajaran, (2) Siswa tidak berani bertanya walaupun siswa tersebut belum memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika aspek kognitif, psikomotorik dan afektif siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar hanya 35 % dan setelah diberikan tindakan pada siklus I Ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif menjadi 41% pada siklus II menjadi 74%. Pada siklus I Ketuntasan hasil belajar siswa aspek Psikomotorik dengan kategori baik 22% pada siklus II menjadi 89%. Pada siklus I Ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif dengan kategori mulai berkembang(MB) menjadi 4% pada siklus II meningkat menjadi 78%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan penggunaan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi perkalian dan pembagian pecahan siswa kelas VB SDN 013 Tarakan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Scientific, Perkalian Dan Pembagian Pecahan
This research implementation used Classroom Action Research design with two cycles, each cycle had two meetings. The research subject was students of grade VB SD N 013 Tarakan semester II academic year 2013/2014 which amounts 27 students consisting of 16 male students and 11 female students. Data collecting procedure was test and non test technique. Based on interview result with subject teachers, researcher obtained information that student learning acheivement is less satisfactory due to these problem (1) students pay lack of attention on teachers’ explanations during the teaching learning process, (2) Students are afraid to ask although they do not understand the subject matter. This research objective is to improve Mathematic learning outcome in cognitive, psychomotor and affective aspects. The result showed that there was an increase in student learning acheivement. It can be seen from the result in each cycle, before treatment was given the students learning completeness only 35 % and after treatment was given in cycle I the students learning completeness in cognitive aspect became 41% in cycle II increased to 74%. In cycle I students learning completeness outcome in psychomotor aspect was 22% in the cycle II increased to 89%. In cycle I the students learning completeness outcome in affective aspect to 4% in the second cycle increased to 78%. Therefore, it can be said that the research had success and suitable with indicators of success. Based on the result it can be conclude that by implementing scientific approach it can improve Mathematic learning outcome in multiplication and division of rational number grade VB students of SDN 013 Tarakan. Keywords: Learning Outcome, Scientific Approach, Multiplication and Division of Rational Number