
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Dan Pembagian Pecahan Menggunakan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas VA SDN 031 Tarakan
Pengarang : Tri Sutrisno - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian dan pembagian pecahan menggunakan pendekatan scientific pada siswa kelas VA SDN 031 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing empat komponen yaitu Planning (Perencanaan), Action (Tindakan), Observating (Pengamatan), dan Reflecting (Refleksi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar penilaian afektif, dan lembar observasi aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek psikomotorik siklus I yaitu 19% siswa dinyatakan telah tuntas sedangkan 81% siswa tidak tuntas. Mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 100% siswa telah dinyatakan tuntas. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek afektif siklus I yaitu 26% siswa telah tuntas sedangkan 74% siswa tidak tuntas mengalami peningkatan pada siklus II pada aspek afektif yaitu 74% siswa telah tuntas sedangkan hanya 26% siswa tidak tuntas. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek kognitif pada siklus I yaitu siswa yang telah tuntas yaitu 30% sedangkan yang tidak tuntas yaitu 70 % mengalami peningkatan pada siklus II yaitu siswa yang tuntas yaitu 74% dan tidak tuntas yaitu 26%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan penggunaan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian dan pembagian pecahan pada siswa kelas VA SDN 031 Tarakan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Scientific, Perkalian Dan Pembagian Pecahan
This research aimed at increasing grade 5-A learners’ achievement of learning Mathematical topic of fractional multiplication and division using scientific approach at SDN 031 Tarakan. This is classroom action research which was conducted within two cycles. Each cycle consists of two meetings. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection stages. Data were collected using test and non-test instruments. The non-instruments consisted of assessment sheets of student’s cognitive, psychomotor and affective aspects, and observation sheets of student’s activities of learning management. For the psychomotor aspect, 19% learners achieved the minimum accomplishment at the first cycle and 100% at the second one. For the affective aspect, the total of learners who achieved the minimum accomplishment were 26% at the first cycle and 74 % at the second one. For the aspect of cognition, 30% learners reached the minimum accomplishment at the first cycle and 74% at the second one. Based on the research results, it can be concluded that the use of scientific approach can increase the learners’ achievement of learning the mathematical topic at SDN 031 Tarakan. Keywords: Learning Achievement, Scientific Approach, Fractional Multiplication and Division