
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IVA SDN 016 Pantai Amal Dengan Menggunakan Media Gambar Tahun Ajaran 2013-2014
Pengarang : Suryani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar di Kelas IVA pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan media gambar di SDN 016 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri empat tahapan yaitu; perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai September 2013 di semester 1 tahun pembelajaran 2013-2014.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas siswa dan pengamatan aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa siklus I sebesar 62,82 dan siklus II meningkat menjadi 79,64. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar yang tepat dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa Kelas IVA pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SDN 016 Tarakan.
Improving student‟s learning by using picture on students in grade IV-A SDN 016 Pantai Amal in academic year 2013/2014 is the objective of this study. Sample are all students in grade IV-A SDN 016 Pantai Amal academic year 2013/2014. Cycle based on methods used in teaching and learning are learning with picture that is not enlarge yet in the first cycle and learning with picture that is enlarged in the second cycle. The analysis result shows there is improvement of student‟s learning outcome 15% by using picture as the media at IV-A class of SDN 016 Pantai Amal Tarakan in academic year 2013/2014.