
Penerapan Model Cooperative Tipe Make–A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SDN 001 Tarakan
Pengarang : Sri Fitri Wulandari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SDN 001 Tarakan dengan menerapkan Model Cooperative Tipe Make - A Match. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil belajar sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar aspek kognitif hanya 34% dan setelah diberi tindakan pada siklus I ketuntasan belajar aspek kognitif siswa menjadi 59%, pada siklus II meningkat menjadi 75%. Ketuntasan hasil belajar psikomotorik pada siklus I hanya 63% dan pada siklus II meningkat menjadi 78%, sedangkan ketuntasan hasil belajar afektif pada siklus I hanya 50% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%, maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Tipe Make-A Match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SDN 001 Tarakan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Cooperative Tipe Make-A Match
The aim of this research is to increase the results of learning mathematical topic of Shapes using Make-A Match type of cooperative learning model at SDN 001 Tarakan. This is classroom action research, which was conducted in two cycles, each cycle consists of two meetings. The research findings showed that before given the treatment, the learners’ level of minimum accomplishment was 34%. After given the treatment the cognitive level of minimum accomplishment was 59% in cycle 1 and 75% in cycle 2. The psychomotor level of minimum accomplishment was only 63% in cycle 1 and reached 75% in cycle 2. The affective level of minimum accomplishment was only 50% in cycle 1 and reached 100% in cycle 2. These results indicated that the treatment was successful in increasing the results of learning mathematical topic of Shapes at SDN 001 Tarakan. Keywords: Learning Achievement, Make-A Match Type of Cooperative Learning Model