
Meningkatkan Hasil Belajar PKN Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Di Kelas V-A SDN 013 Tarakan
Pengarang : Slamet Priyadi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V-A SDN 013 Tarakan dengan menggunakan model kooperatif tipe examples non examples.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V-A SDN 013 Tarakan yang berjumlah 26 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, lembar pengamatan aktivitas guru, dan lembar pengamatan aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rejadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 44,12% dari kriteria ketuntasan minimum (70). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 44,12% menjadi 88%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dapat meningkatkan pembelajaran PKn pada siswa kelas V-A SDN 013 Tarakan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, PKn, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non-Examples
The objective of this research was to improve the students’ civics learning achievement of class V-A of SDN 013 Tarakan though cooperative learning model type examples non examples. This research employed classroom action research which was carried out in two cycles in which each cycle consisted of planning, implementing the action, observation, and reflection. The subject of this research was the student of class V-A of SDN 013 Tarakan which consisted of 26 students. The data were obtained by using the observation sheet for by using the observation sheet for activity students’ the observation sheet for teacher’s activity, and achievement test in a form of multiple choice. The result of the research showed that there was an improvement on students’ learning achievement. This could be seen from the result of each cycle prior learning mastery classically reached only 44,12% from the minimum passing grade 70, but after implementing the action of cycle I and II learning achievement gradually improved from 44,12% to 88%. It could be drawn a conclusion that the use cooperative learning model type examples non examples could improve the students’ civics learning at class V-A SDN 013 Tarakan. Keywords: Learning Achievement, Civics, Cooperative Learning Model Type Examples Non-Examples