
Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas 1 B SDN 034 Tarakan
Pengarang : Sitti Nur Asmara - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model pembelajaran kooperatif pada siswa kelas I SDN 034 Kelurahan Karang Anyar Tarakan Barat Tahun 2014. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini didesain dalam tiga siklus. Prosedur dalam setiap siklus mencakup tahap-tahap : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan Refleksi.
Keefektifan tindakan pada setiap siklus diukur dari hasil observasi dan tes kemampuan membaca. Data hasil observasi dideskripsikan, diinterprestasikan, kemudian direfleksi untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Sementara hasil itu data hasil tes kemampuan membaca dianalisis dengan cara mendeskripsikan nilai tes antar siklus hingga hasilnya dapat mencapai batas tuntas sesuai dengan indikator kinerja, yaitu minimal 80% siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik dan memperoleh nilai 70 atau lebih sebagai batas tuntas kemampuan membaca.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif, guru dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 034 Kelurahan Karang Anyar Tarakan Barat semester II Tahun pelajaran 2014.
The aims of this action research is to improve the early reading process and improving the students early reading achievements through cooperative learning to the first grade students of Sekolah Dasar Negeri 034 Kelurahan Karang Anyar Tarakan Barat year 2014. To achieve the goals, this research are designed in three cycles. The procedures in each cycle include, plaining action, main action, observation and reflection. The effectiveness in each cycle is measured by observation result and reading achievement test. The data of the observation result are described, interpreted and reflected to decide the better action and the next cycle. While the data of the reading achievement analyzed by describing the test score in each cycle, and the result can get the limit according to the work indicator, minimum is 80% students do the learning well and get score 70 or better as the limit of reading achievement. Based on the actions had been done, it can be concluded that through cooperative learning the teachers can improve the process of early reading and early reading achievement to the first grade students of Sekolah Dasar Negeri 034 Kelurahan Karang Anyar Tarakan Barat first semester of the year 2014.