
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV-D SDN 019 Tarakan
Pengarang : Santi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV-D SDN 019 Tarakan.
Jenis Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 019 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2013/2014, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV-D SDN 019 Tarakan yang berjumlah 33 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 19 siswa dan perempuan berjumlah 14 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian untuk memperoleh data adalah lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek afektif (sikap), aspek psikomotorik (unjuk kerja) dan tes hasil belajar yang terdiri dari 5 soal uraian (aspek kognitif).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas IV-D SDN 019 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan hasil belajar adalah 0% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar afektif siswa menjadi 51,52% pada siklus II meningkat menjadi 75,76%. Ketuntasan hasil belajar psikomotorik siswa siklus I 87,88% pada siklus II menjadi 78,79%. Kemudian hasil belajar kognitif siklus I 36,36% pada siklus II meningkat menjadi 72,73%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata kunci: Hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe STAD
The aim of this research is to increase the result of learning mathematical topic of fraction using STAD type of cooperative learning model at SDN 019 Tarakan. This is a classroom action research which was conducted during the second semester of 2013/2014. The subjects were 33 learners of SDN 019 Tarakan, 19 males and 14 females. This research was conducted in two cycles, each cycles consists of three meetings. Each cycle consists of planning, action, observation, reflections stages. The research instruments consisted of observations sheets of learners’ activities, observation sheet of teacher’s activities assessment sheets of learners’ psychomotor and affective aspects, and tests on cognitive aspect that consisted of 5 questions. The research findings showed that the use of STAD type of cooperative learning model was able to increase the gade 4-D learners’ achievements in learning mathematical topic of fraction at SDN 019 Tarakan. Before given the treatment, the learners’ level of minimum accomplishment was 0%. For the affective aspect, after given the treatment the level reached 51,52% at the first cycle and 75,76% at the second one. For the psychomotor aspect, the level reached 87,88% at the first cycle and 78,79% at the second one. For the cognitive aspect, the level was 36,36% at the first cycle and reached 72,73% at the second one. This result indicated that the treatment was successful. Keywords: Learning Achievement, STAD Type of Cooperative Learning Model