Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas VB SDN 001 Selumit Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas VB SDN 001 Selumit Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas VB SDN 001 Selumit Tarakan

Pengarang : Satria Abadi Noor - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas VB SDN 001 Selumit Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada siklus 1 hasil belajar aspek kognitif adalah 17% dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 5 siswa, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 79% dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 23 siswa. Aspek afektif pada siklus 1 adalah 62% dengan jumlah siswa yang tuntas 18 siswa, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 90% dengan jumlah siswa yang tuntas 26 siswa. Aspek psikomotorik pada siklus 1 adalah 55% dengan jumlah siswa yang tuntas 16 siswa, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 86% dengan jumlah siswa yang tuntas 25 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi peninggalan-peninggalan kerajaan pada masa Hindu, Buddha, dan Islam di Indonesia pada siswa kelas VB SDN 001 Selumit Tarakan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Make A Match, IPS

This study aims to to improve learning outcomes IPS Cognitive aspects, effective, and psychomotor using cooperative learning model make a match in the VB class SDN 001 Selumit Tarakan. This study was conducted in two cycles, each cycle consisting of 2 meetings. In the first cycle of the cognitive aspect of learning outcomes is 17% the number of students completed by 5 students, then the second cycle increased to 79% the number of students complete as many 23 students. Affective aspects in the first cycle were 62% the number of students who completed 18 students, then the second cycle increased to 90% the number of students who completed 26 students, psychomotor aspect in the first cycle was 55% the number of students who completed 16 students, then the second cycle increased to 86% the number of students who completed 25 students. Based on the results of this study concluded that by implementing cooperative learning model make a match can improve learning outcomes IPS material relics of the kingdom during the Hindu, Buddhist, and Islam in Indonesia in class VB SDN 001 Selumit Tarakan. Keywords: Learning Outcomes, Make A Match, IPS

Detail Informasi