
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Pendekatan Scientific Berbantuan SEQIP Pada Siswa Kelas V-C SDN 042 Tarakan
Pengarang : Riyan Juanda - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2014XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan PendekatanScientific Berbantuan SEQIP Pada Siswa Kelas V-C Sdn 042 Tarakan.
Jenis Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 042 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2013/2014, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V-C SDN 042 Tarakan yang berjumlah 27 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 13siswa dan perempuan berjumlah 14 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian untuk memperoleh data adalah lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek afektif (sikap), tes hasil belajar yang terdiri dari 10 soal uraian(aspek kognitif), dan penilaian unjuk kerja(aspek psikomotorik).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan scientific berbantuan SEQIP dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa materi merancangkaryaatau model denganmenerapkansifatcahayadi kelas V-C SDN 042 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar adalah 48% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar kognitif siswa menjadi 52% pada siklus II meningkat menjadi 74%. Ketuntasan hasil belajar psikomotorik siswa siklus I 44%, pada siklus II meningkat menjadi 78%. Kemudian hasil belajar afektif siklus I 56%, pada siklus II meningkat menjadi 74%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
The objective of this research is to improve the students’ achievement in Science through Scientific Approach with SEQIPat V-C class of SDN 042 Tarakan. The kind of this research is Classroom Action Research (CAR) that has been done at SDN 042 Tarakan in semester II in academic year 2013/2014. Subject of this research were students of V-C class at SDN 042 Tarakan with total number of students were 27 students, 13 male students and 14 female students. This research has been conducted in two cycles which each cycle consists of two meetings. Procedures of each cycle consist of planning, implementing, observing, and reflecting. The research instruments that used to gain the data were observation sheets for the students, observation sheets for the teacher, assessment of affective aspect (attitude), objective test which consists of ten multiple-choice questions and two essay (psychomotor aspect). The result of this research shows that by using scientific approach with SEQIP could improve the students’ achievement in science in designing work or model by applying the characteristics of light at V-C class of SDN 042 Tarakan. It could be seen on the result of study that students gained in each cycle. Before applying the experiment method, the result of study that students gained was 48% Whereas in first cycle by applying the experiment method had enhanced being 52% in cognitive aspect, and improved to74% in second cycle. The result of study that students gained in psychomotor aspect was 44% in first cycle, and improved to78% in second cycle. Then, the result of study that students gained in affective aspect was 56% in first cycle and improved to 74% in second cycle. The treatment was successful.